kumparan
21 Sep 2019 10:33 WIB

Soal Matematika Ini Bisa Ukur Kemampuan Pengambilan Keputusanmu

Ilustrasi ujian matematika. Foto: Dok. Pixabay
Hasil sebuah riset terbaru menyebutkan bahwa orang-orang dengan kondisi finansial dan kesehatan terbaik adalah mereka yang memiliki kemampuan berhitung dan rasa percaya diri yang tinggi atas kemampuan tersebut. Para peneliti dalam riset ini menyatakan bahwa tanpa kemampuan matematika dasar yang mumpuni serta rasa percaya diri yang baik, seseorang akan kesulitan dalam mengambil keputusan hidup secara efektif.
ADVERTISEMENT
Laporan hasil riset ini telah dipublikasikan di jurnal PNAS pada 9 September 2019. Ellen Peters dari University of Oregon dan Brittany Shoots-Reinhard dari Ohio State University, dua dari enam peneliti yang menggarap riset ini, menjelaskan hasil riset mereka dalam sebuah tulisan di The Conversation.
Kedua psikolog dari Amerika Serikat itu menuliskan bahwa sepertiga orang dewasa di Negeri Abang Sam tidak memiliki keterampilan matematika yang diperlukan untuk membuat keputusan yang efektif tentang kesehatan dan keuangan mereka.
“73 juta orang ini dapat menghitung, mengurutkan, dan melakukan aritmatika sederhana. Tetapi mereka kemungkinan tidak dapat memilih rencana kesehatan dengan biaya terendah berdasarkan premi dan deduksi tahunan, atau mengetahui bahwa mereka tidak dapat melunasi hutang kartu kredit berdasarkan jumlah (utang) yang mereka miliki, pembayaran bulanan minimum, dan tingkat persentase tahunan,” tulis mereka.
ADVERTISEMENT
Menurut keduanya, orang-orang AS ini tidak pada berhitung. Itu artinya, mereka tidak terampil dengan angka. Namun begitu, menurut mereka, banyak juga orang AS lainnya yang mahir dalam urusan matematis.
Ilustrasi pelajaran matematika Foto: Pixzito
Mereka mengatakan bahwa ada soal matematika yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan seseorang untuk mengambil keputusan hidup secara efektif. Soal matematika ini akan membagi orang-orang dalam beberapa kelompok, seperti kelompok orang yang tidak percaya diri dengan kemampuan berhitung mereka sehingga menyerah, kelompok orang yang tak memiliki kemampuan berhitung yang cukup baik sehingga salah dalam menjawab soal ini, dan kelompok orang yang bisa menjawab soal matematika ini dengan baik karena mereka memiliki kemampuan matematika dan rasa percaya diri yang baik.
“Dalam penelitian kami sebagai psikolog, kami mengukur kemampuan berhitung (seseorang) dengan tes matematika. Jika Anda dapat menjawab pertanyaan berikut dengan benar, Anda berada di bagian atas dari orang-orang Amerika yang berpendidikan, dan Anda sangat mahir berhitung,” tulis mereka.
ADVERTISEMENT
Soal matematika yang mereka maksud adalah ini:
"Dari 1.000 penduduk sebuah kota kecil, 500 di antara mereka adalah anggota paduan suara. Dari 500 anggota paduan suara itu, 100 di antaranya adalah pria. Dari 500 penduduk yang bukan anggota paduan suara, 300 di antaranya adalah pria. Lantas berapa kemungkinan seorang pria yang dipilih secara acak adalah anggota dari paduan suara?"
Nah, apakah kamu mampu menjawab soal matematika ini dengan benar? Berapakah jawabanmu?
Ilustrasi Berpikir. Foto: pixabay
Menurut hasil riset ini, orang yang bisa lebih baik dalam menjawab pertanyaan semacam ini memiliki kemampuan pengambilan keputusan yang berbeda dibanding orang yang kesulitan dalam menjawabnya.
"Orang yang pandai berhitung mencari dan memikirkan dalam-dalam angka-angka ketika mereka akan mengambil keputusan. Mereka lebih mempercayai angka dan memiliki pemahaman yang jelas atas arti angka bagi keputusan mereka," jelas para peneliti.
ADVERTISEMENT
"Sedangkan orang yang kurang pandai berhitung lebih bergantung pada cerita dan reaksi emosi dalam mengambil keputusan. Mereka cenderung mengambil keputusan yang lebih buruk bagi dirinya sendiri ketika ada angka-angka yang terlibat di dalamnya," lanjut mereka.
Meski begitu, para peneliti menambahkan bahwa kemampuan menghitung yang baik saja tidak cukup. Mereka menemukan bahwa rasa percaya diri atas kemampuan berhitung seseorang juga berpengaruh.
"Orang yang lebih percaya diri atas kemampuan berhitungnya bertahan lebih lama saat bertemu dengan soal matematika yang susah. Jadi, untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus menggunakan angka dengan benar dan mempertahankannya ketika kondisi semakin sulit. Artinya, Anda harus pandai berhitung dan harus percaya diri atas kemampuan itu.”
Ilustrasi berpikir. Foto: Paola Aguilar/unsplash
Jawaban Soal Matematika
ADVERTISEMENT
Jadi, berapa sebenarnya jawaban yang tepat untuk soal matematika di atas? Bagi kamu yang tak menyerah untuk mengerjakan soal di atas, apakah jawabanmu sudah benar atau ternyata malah salah?
Mari kita bahas soal matematika di atas secara perlahan.
Pertama, kita tahu dari soal itu bahwa ada 100 pria yang merupakan anggota paduan suara. Lalu ada 300 pria lainnya yang bukan merupakan anggota paduan suara. Jadi, jumlah total penduduk pria di desa itu 100 ditambah 300, yang berarti 400 orang.
Lantas, berapa kemungkinan seorang pria yang dipilih secara acak adalah anggota dari paduan suara? Kemungkinan atau peluangnya adalah jelas dapat didapat dengan membagi jumlah pria yang merupakan anggota paduan suara dengan jumlah pria secara keseluruhan.
ADVERTISEMENT
Jadi, jawabannya adalah 100 orang dibagi dengan 400 orang. 100 / 400 = ¼ = 0,25 = 25%.
Ya, itulah jawabannya. Besar kemungkinan seorang pria yang dipilih secara acak adalah anggota dari paduan suara adalah 25%.
Jadi, apakah jawabanmu benar?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan