kumparan

Tak Hanya di Kuba, Serangan Misterius Suara Aneh Juga Terjadi di China

Sakit kepala
Sakit kepala (Foto: Thinkstock)
Tak hanya di Kuba, penyakit misterius yang melibatkan suara-suara aneh juga terjadi pada pegawai AS yang berada di China. Rabu (6/6) kemarin, pemerintah AS mengumumkan telah mengevakuasi seorang pegawainya yang tinggal di Guangzhou agar ia mendapatkan pengecekan medis terkait gejala-gejala gangguan neurologis yang ia alami.
ADVERTISEMENT
Bukan cuma si pegawai, evakuasi juga dilakukan terhadap keluarga pegawai itu.
Evakuasi ini bukanlah yang pertama. Dua minggu sebelumnya pemerintah AS juga sudah mengevakuasi seorang pegawai lainnya dari kota di China itu setelah pegawai tersebut mengalami gejala-gejala misterius yang dikaitkan dengan ‘serangan sonik’. Serangan suara seperti ini juga menimpa sejumlah pegawai kedutaan AS di Kuba pada tahun lalu.
Berdasarkan pernyataan dari Konsulat dan Kedutaan AS di China, pegawai di Guangzhou yang dievakuasi pekan ini sebelumnya telah “melaporkan sensasi suara dan tekanan yang halus dan samar-samar, tetapi tidak normal.” Pegawai itu kemudian didiagnosis mengalami cedera otak traumatis ringan, sebagaimana dilansir BBC.
Ilustrasi Pusing
Pusing memikirkan tunggakan utang kartu kredit. (Foto: Pixabay)
Setelah evakuasi pegawai yang pertama ini, tes medis tambahan kemudian diberikan kepada para pegawai pemerintah AS di China. Hasilnya, beberapa orang pegawai lain juga didiagnosis mengalami gangguan kesehatan yang sama seperti pegawai yang pertama kali dievakuasi tersebut.
ADVERTISEMENT
Belum ada pernyataan resmi mengenai berapa jumlah persis orang Amerika yang mengalami gejala-gejala gangguan neurologis ini. Namun begitu, Departemen Luar Negeri AS mengatakan “sejumlah orang” telah dibawa pulang ke Amerika untuk menjalani tes medis lebih lanjut.
The New York Times melaporkan, setidaknya satu dari orang yang evakuasi pulang itu adalah seorang pegawai yang bekerja untuk Konsulat Amerika di Guangzhou.
Atasi pusing akibat hangover
Ilustrasi pusing mendengarkan suara aneh (Foto: Thinstock)
Dikutip dari Live Science, kasus penyakit misterius di China ini telah memperluas krisis medis yang dimulai di Kuba pada 2016. Ketika itu sejumlah pegawai kedutaan AS di Havana melaporkan telah mendengar suara-suara aneh dan ganjil dan kemudian melaporkan gejala-gejala neurologis yang parah.
Setelah mendengar suara-suara itu, total 24 karyawan dan anggota keluarga mereka dilanda sakit kepala misterius, kehilangan pendengaran, pusing dan, akhirnya, kerusakan otak.
ADVERTISEMENT
Pemerintah AS menyebut insiden ini sebagai hasil dari "serangan sonik” yang disengaja oleh aktor yang tidak dikenal. Sebuah laporan yang diterbitkan pada Februari dalam jurnal medis JAMA membantah teori bahwa senjata sonik atau suara ini sebagai biang keladi, tetapi para peneliti tidak bisa menemukan alasan lain untuk menjelaskan penyakit misterius tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan