Tekno & Sains
·
26 November 2020 11:20

Tugu 'Alien' Metal Misterius di Tengah Gurun Buatan Manusia?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tugu 'Alien' Metal Misterius di Tengah Gurun Buatan Manusia? (486316)
Penemuan monolit logam di Utah. Foto: Department of Public Safety's Aero Bureau Utah
Sebuah objek berbentuk tugu metal ditemukan di tengah gurun Utah, AS, pada Selasa (24/11) lalu. Beragam teori langsung bermunculan, salah satunya dugaan benda tersebut dibuat oleh alien.
ADVERTISEMENT
Apakah benar monolit metal itu 'karya' alien? Seorang pakar seni bernama David Zwirner punya hipotesis sendiri.
Zwirner berspekulasi, tugu misterius tersebut buatan manusia yang diyakini sebagai karya seni penghormatan untuk mendiang seniman bernama John McCracken. Monolit itu juga mirip dengan karyanya McCracken, yang sekarang disimpan oleh Zwirner di galeri seninya.
Zwirner awalnya sempat percaya tugu alien misterius di tengah gurun Utah merupakan sepotong rahasia dari McCracken sebelum wafat. Namun, pernyataan tersebut diralat.
“Meski ini bukan karya mendiang seniman Amerika John McCracken, kami menduga ini adalah karya sesama seniman yang memberi penghormatan kepada McCracken,” ujar Zwirner kepada Art Newspaper.
Tugu 'Alien' Metal Misterius di Tengah Gurun Buatan Manusia? (486317)
Penemuan monolit logam di Utah. Foto: Department of Public Safety's Aero Bureau Utah
McCracken sendiri tinggal di New Mexico, negara bagian AS yang kebetulan dekat dengan Utah. Ia meninggal dunia pada 8 April 2011 lalu.
ADVERTISEMENT
Senada dengan Zwirner, Letnan Nick Street dari Departemen Keamanan Publik percaya bahwa monolit tersebut adalah instalasi seni seseorang. Menurut Nick, monolit Utah memiliki paku keling buatan manusia yang ditanam ke dalam batu dengan kedalaman yang belum diketahui.
“Seseorang meluangkan waktu untuk menggunakan beberapa jenis alat pemotong beton atau sesuatu untuk benar-benar menggali, hampir dalam bentuk objek yang persis sama, dan menyematkannya dengan sangat baik," kata Nick seperti dikutip Independent.
Nick mengakui bahwa pihak berwenang di sana tidak mengetahui kapan dan sudah berapa lama tugu metal berdiri di lokasi tersebut. Pejabat setempat juga tidak memberikan rincian lokasi monolit berada demi mencegah warga mendatanginya yang bisa membuat mereka tersesat di gurun.
ADVERTISEMENT
"Adalah ilegal untuk memasang bangunan atau karya seni tanpa izin di lahan publik yang dikelola pemerintah federal, tidak peduli dari planet mana kamu berasal," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.

Tugu Alien Metal Misterius Ditemukan saat Patroli

Tugu alien misterius ini ditemukan pertama kalo oleh para petugas dari departemen sumber daya satwa liar di negara bagian Amerika Serikat, Utah. Mereka menemukannya saat berpatroli menggunakan helikopter.
Benda itu tampak mengkilap, terbuat dari material metal. Ia juga memiliki tinggi sekitar 3,6 meter.
"Salah satu ahli biologi adalah orang yang pertama kali melihatnya, dan kami kebetulan terbang tepat di atasnya," kata Hutchings, pilot helikopter kepada KSL-TV. "Dia seperti, 'Whoa, whoa, whoa, putar balik, putar balik!' Dan saya seperti, 'Apa.' Dan dia seperti, 'Ada benda di belakang sana kita harus melihatnya!'," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Hutchings meyakini bahwa monolit metal dibangun oleh seorang seniman atau penggemar berat film 2001:Space Odyssey. Ini tak lain karena struktur tugu menyerupai mesin yang ditemukan dalam cerita Arthur C. Clarke.
"Saya berasumsi bahwa itu adalah (perbuatan) seorang seniman atau lainnya. kamu tahu, seseorang yang merupakan penggemar berat (film 2001: A Space Odyssey)," katanya seperti dikutip Daily Mail.