kumparan
search-gray
Tekno & Sains28 Juli 2020 13:57

Viral di Grup WhatsApp Seluruh Wilayah DKI Jakarta Zona Merah Corona, Benarkah?

Konten Redaksi kumparan
Viral di Grup WhatsApp Seluruh Wilayah DKI Jakarta Zona Merah Corona, Benarkah? (18064)
Peta total positif aktif COVID-19 DKI Jakarta per Senin (27/7). Foto: Pemprov DKI
Kabar yang menyebut seluruh DKI Jakarta kembali memasuki zona merah virus corona tengah viral. Kabar itu menyebar melalui pesan berantai di grup WhatsApp keluarga dan beberapa grup lainnya.
ADVERTISEMENT
Isu Jakarta kembali menjadi zona merah virus corona bukan kali pertama terjadi. Beberapa waktu lalu, sebuah gambar memperlihatkan peta DKI Jakarta dipenuhi dengan gambar berbentuk corona dan menyebut bahwa seluruh Jakarta masuk zona merah juga pernah menyebar di grup WA.
Viral di Grup WhatsApp Seluruh Wilayah DKI Jakarta Zona Merah Corona, Benarkah? (18065)
Pesan viral WhatsApp yang menyebut Jakarta kembali zona merah. Foto: Dok. istimewa
Pola kali ini juga hampir sama kendati isunya tidak menyertakan gambar seperti sebelumnya. Berdasarkan penelusuran kumparan, isu yang dikemukakan dalam grup WA tersebut adalah hoaks dan tidak relevan dengan perkembangan corona yang terjadi saat ini.
Dikutip laman resmi Pemprov DKI, corona.jakarta.go.id, jumlah kasus corona di Jakarta memang mengalami peningkatan sebanyak 473 orang pada Senin (27/7). Dengan begitu, total kasus corona menjadi 19.473. Dari jumlah tersebut, 11.997 orang dinyatakan sembuh, sedangkan 769 orang meninggal dunia.
Viral di Grup WhatsApp Seluruh Wilayah DKI Jakarta Zona Merah Corona, Benarkah? (18066)
Update corona di Jakarta 27 Juli 2020. Foto: Pemprov DKI
Sedangkan pasien yang masih menjalani perawatan di rumah sakit berjumlah 1.702 orang, dan yang melaksanakan isolasi mandiri di rumah ada 4.852 orang. Untuk suspek yang masih menjalani isolasi mandiri sebanyak 1.472 orang, sedangkan suspek yang masih menjalani isolasi di RS sebanyak 1.563 orang, dan yang meninggal sebanyak 2.226 orang.
ADVERTISEMENT
Selain itu, berdasarkan peta persebaran yang termuat dalam situs tersebut, penyebaran virus corona di Jakarta kini terjadi di 25 kelurahan, tertinggi di Jakarta Pusat yang titik penularan ada di 11 kelurahan, 7 kelurahan di Jakarta Utara, 5 kelurahan di Jakarta Barat, dan 2 kelurahan di Jakarta Timur.
Titik zona merah terpantau hanya terjadi di beberapa lokasi di Jakarta Pusat yang merupakan wilayah paling banyak mencatat kasus corona. Dengan begitu, pernyataan ‘DKI Jakarta kembali zona merah’ jelas sebuah hoaks. Sebab, beberapa wilayah di Jakarta justru telah masuk zona oranye, seperti Jakarta Timur yang risiko penularannya diketahui telah menurun dari tinggi ke sedang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white