kumparan
search-gray
Tekno & Sains30 Juni 2020 17:20

Viral Foto Penampakan Monster Air Loch Ness, Begini Faktanya

Konten Redaksi kumparan
Nessie, sih Monster Loch Ness
Nessie, si Monster Loch Ness Foto: Ad Meskens/ Wikimedia Commons
Akhir-akhir ini, internet diramaikan oleh sebuah foto yang menampilkan makhluk air raksasa yang berenang di danau Loch Ness, Skotlandia. Makhluk misterius itu diduga orang-orang sebagai makhluk legendaris Loch Ness dari mitos tua yang terkenal di sana.
ADVERTISEMENT
Karena mitos itu, Loch Ness atau juga disebut Nessie menjadi ikon pariwisata utama di sekitar danau tempat Loch Ness konon tinggal. Loch Ness sering dimirip-miripkan dengan plesiosaurus, jenis dinosaurus yang memiliki leher panjang dan berhabitat di air.
Dalam foto yang beredar, hewan air itu tampak seperti makhluk air yang sangat besar. Foto itu viral setelah diposting sang fotografer, Steve Carrington, ke Facebook. Gara-gara postingan itu, netizen di Facebook geger dan curiga kalau itu bukan hewan air biasa.
Carrington mengambil gambar tersebut saat ia mengunjungi danau Loch Ness pada September 2019. Saat itu, ia sedang mengambil foto pemandangan di sekeliling danau Loch Ness. Kala itu, Carrington melihat sesuatu di air yang ternyata makhluk yang besar.
Foto Hewan Misterius di Loch Ness, Skotlandia
Foto Hewan Misterius di Loch Ness, Skotlandia Foto: Facebook Group: Anomalous Universe
Ia tidak yakin apakah makhluk itu adalah Loch Ness. Namun, ia bisa memperkirakan panjangnya 2,5 meter dan jaraknya dari makhluk itu ketika memotret adalah 9 meter. 
ADVERTISEMENT
"Aku tidak percaya monster Loch Ness dan saya pikir jika memang ada sesuatu, pasti ada penjelasan logis tentang kebanyakan penampakan itu," katanya, dilansir Science Alert.
Beberapa pihak menuduh kalau foto itu merupakan hasil editan Photoshop, yang langsung dibantah oleh Carrington. Jika benar foto itu diambil secara langsung tanpa edit, maka bisa jadi itu adalah foto makhluk misterius yang paling terlihat nyata di Loch Ness.
Namun, setelah beberapa saat viral di media sosial, seorang netizen berhasil mengungkap bahwa hewan air misterius itu bukanlah monster Loch Ness, melainkan ikan lele raksasa. Analisis itu ia dapatkan dari motif loreng di tubuh hewan air misterius tersebut yang sama dengan ikan lele raksasa yang pernah ditangkap di Italia oleh pemancing Benjamin Gründer, Kai Weber, dan Marcus Brock pada 2018.
ADVERTISEMENT
Ikan lele diketahui memiliki pola atau motif bercak-bercak yang khas. Setelah ditelaah lebih lanjut, motif bercak pada gambar hewan misterius di Loch Ness itu sama persis dengan motif punggung lele raksasa tersebut.
Ikan lele raksasa itu adalah jenis wels catfish (Silurus glanis) yang memiliki bobot seberat 130 kilogram dengan panjang 268 sentimeter.
Yang kini membingungkan adalah, apakah Carrington benar-benar mengambil foto tersebut di wilayah danau Loch Ness? Hingga saat ini, diketahui tidak ada ikan jenis lele yang pernah melintasi perairan tersebut.
Meskipun foto tersebut tidak terlalu tampak jelas, ditambah dengan fakta bahwa ikan lele raksasa tidak hidup di perairan Skotlandia, kepercayaan soal adanya makhluk misterius Nessie kembali muncul. Memang tidak ada bukti pasti keberadaan atau kenihilannya, namun kita masih harus menunggu kebenarannya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white