kumparan
search-gray
Tekno & Sains1 Agustus 2020 15:58

Viral Foto Singa Betina Gigit Buah Zakar Pejantan, Benarkah Dipaksa Kawin?

Konten Redaksi kumparan
Viral Foto Singa Betina Gigit Buah Zakar Pejantan, Benarkah Dipaksa Kawin? (1295968)
Momen singa betina menggigit buah zakar singa jantan. Foto: Safi Kok/flicker via @jasminericegirl/Twitter
Beberapa waktu lalu, beredar sebuah foto di media sosial Twitter yang memperlihatkan singa betina tengah menggigit buat zakar pejantan. Foto itu menarik perhatian netizen karena ekspresi si jantan yang tampak sangat lucu ketika buah zakarnya digigit si betina.
ADVERTISEMENT
Salah satu yang menyebarkan foto unik tersebut adalah pemilik akun bernama @jasminericegirl. Dalam posting-annya dia menyematkan caption:
“Singa betina melakukan hubungan seks 20-40 kali dalam sehari. Jika pejantannya tidak dapat memenuhi itu, si betina bakal menuntut kawin dengan menggigit buah zakar pasangannya,” tulis Jasmine dalam kicauan yang diunggah di Twitter pada 26 Juli 2020.
Foto tersebut diduga pertama kali diambil pada Januari lalu. Adapun postingan @jasminericegirl hingga saat ini telah dibagikan lebih dari 83 ribu kali, disukai 340 ribu orang, dan mendapat lebih dari 3 ribu komentar.
Yang jadi pertanyaan, benarkah singa betina bakal menggigit buah zakar pejantan saat seksnya tidak terpenuhi?
Melansir IFL Science, singa pada dasarnya memang punya perilaku kawin dengan intensitas tinggi. Semua kucing, termasuk singa, memiliki penis berduri atau duri penis yang menyapu dinding vagina saat si jantan melepaskan diri di akhir proses senggama.
ADVERTISEMENT
Hal ini dianggap sebagai cara untuk mendorong ovulasi atau proses ketika sel telur yang sudah matang dikeluarkan dari ovarium ke tuba falopi untuk dibuahi. Perkawinan tampaknya telah merangsang ovulasi pada singa, kendati beberapa singa mengalami ovulasi secara spontan.
Proses perkawinan sepasang Singa Asia biasanya akan berlangsung selama 3 hingga 7 hari dengan intensitas tinggi. Selama masa kawin berlangsung, mereka akan tinggal berdekatan satu sama lain, dan sang jantan bakal menjaga pasangan potensial lainnya.
Kendati betina biasanya mengawali perkawinan dengan cara menggeram, namun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa singa betina bakal menggigit buah zakar pejantan agar dikawini.
Adapun gambar singa yang viral itu dilaporkan IFL Science diambil oleh Safi Kok di Kebun Binatang Rotterdam, Belanda. Dalam keterangan foto asli disebutkan bahwa singa betina itu berusia remaja. Dia adalah satu dari tiga singa yang lahir di kebun binatang pada Agustus 2018 bernama Asha, Reena, dan Matte. Induknya bernama Lalana, sedangkan ayahnya Aapel.
ADVERTISEMENT
Aapel adalah singa jantan dalam foto. Menurut penjelasan pihak kebun binatang, Aapel bukan kelelahan karena dipaksa untuk terus kawin, tetapi foto itu adalah momen di mana Aapel tengah bermain dengan anaknya. Aktivitas bermain seperti ini memang sering dilakukan oleh ketiga anak Aapel.
“Aapel telah berperan sebagai ayah yang baik. Anak-anaknya itu pertama-tama mengamati dia dari jauh, kemudian bermain dengan ekor ayahnya, dan tak jarang menggigit pantat Aapel,” tutur pihak kebun binatang.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white