Tekno & Sains
·
5 Mei 2021 16:02

Viral Tsunami Es Hantam Kota di Rusia, Hampir Tabrak Warga Lokal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Viral Tsunami Es Hantam Kota di Rusia, Hampir Tabrak Warga Lokal (90888)
Tsunami es di kota Khabarovsk pada 22 April 2021. Foto: Bryan MacDonald via Twitter
Sebuah video tsunami es baru-baru ini viral di media sosial Twitter. Video tersebut menampilkan terjangan bongkahan es yang masuk ke jalan dan hampir menabrak warga sekitar.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan media lokal Komsomolskaya Pravda, video viral tersebut diambil pada 22 April 2021. Kejadian tersebut berlangsung di Sungai Amur, di kota Khabarovsk, bagian pesisir timur Rusia sekitar 25 km dari perbatasan China.
Dalam cuplikan-cuplikan video yang diambil warga lokal, bongkahan es merangsek masuk ke jalan di sekitar tepi sungai. Bahkan, pembatas jalan yang terbuat dari besi dan beton pembatas jalan tak mampu menghentikan arus tsunami es tersebut.
Untungnya, tidak ada korban luka maupun jiwa dalam insiden ini.
Menurut penjelasan ahli, tsunami es semacam ini umum terjadi di tepi Sungai Amur. Fenomena tersebut disebabkan oleh bongkahan es yang dibawa arus hanyut di sekitar jalur lekukan sungai.
Tsunami es ini juga terjadi seiring dengan peningkatan suhu musim semi dalam beberapa hari terakhir, yang mendukung pencairan cepat di Sungai Amur. Sebelumnya, pada musim dingin antara Desember hingga Februari, temperatur kota Khabarovsk sangat rendah, sekitar -20 derajat Celsius.
ADVERTISEMENT
“Ini bukan hal yang aneh, di Amur itu terjadi setiap tahun, paling sering di tempat-tempat di mana orang tidak tinggal. Tetapi fenomena ini jarang mempengaruhi kota,” kata peneliti lingkungan dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, Alexey Makhinov, kepada media lokal.
“Fakta bahwa es hanyut terjadi pada permukaan air yang tinggi, di tikungan saluran (sungai), es bersandar pada tepi kanan oleh kelembaman, dan didorong oleh arus,” sambungnya.