Tekno & Sains
·
25 September 2020 14:35

Wajah Model Ini Babak Belur Usai Terjatuh Akibat Penyakit Langka

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Wajah Model Ini Babak Belur Usai Terjatuh Akibat Penyakit Langka (143098)
Robyn Lawley Foto: Instagram
Seorang model asal Australia, Robyn Lawley, mengunggah foto wajah babak belur. Sekeliling matanya memar menimbulkan warna ungu dan merah, serta pembuluh darah di mata pecah sehingga seisi bola matanya berwarna merah.
ADVERTISEMENT
Perempuan berusia 31 tahun ini mengaku wajah lebamnya didapat setelah terjatuh dari tangga. Namun, penyebab ia terjatuh yang menjadi perhatian.
Ternyata, Lawley mengidap penyakit langka, yaitu lupus dan antiphospholipid syndrome (APS). Karena penyakit tersebut, ia mengalami kejang-kejang hingga akhirnya terjatuh.
Baik lupus dan APS adalah gangguan sistem imun. Menurut lembaga kesehatan Australian Society of Clinical Immunology and Allergy, autoimun lupus terbilang langka dan kondisi ini banyak dialami oleh perempuan dibanding pria. Lupus menyebabkan sistem imun tubuh justru menyerang sel sehat.
Begitu pun dengan APS yang lebih sering dialami oleh perempuan. Penyakit autoimun ini bereaksi terhadap protein yang mengikat fosfolipid anionik pada membran plasma. APS juga menyebabkan gumpalan darah terbentuk di dalam arteri, vena, dan organ.
ADVERTISEMENT
Gejalanya mungkin termasuk pembekuan darah, yang mungkin terjadi di kaki, lengan, atau di paru-paru. Ada juga gejala sistem saraf yang menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah otak, yang mengakibatkan migrain, kejang atau stroke ringan.
Lebam dan pecah pembuluh darah pada mata Lawley biasanya terjadi ketika ia tengah kejang. Ia kerap terbentur benda saat tak bisa mengendalikan diri.
Wajah Model Ini Babak Belur Usai Terjatuh Akibat Penyakit Langka (143099)
Mata Robyn Lawley lebam akibat kejang karena lupus dan APS Foto: Instagram
Pada kejadian ini, Lawley mengalami kejang-kejang saat ia berada di tangga dan terjatuh dari ketinggian 2 meter di rumahnya di New York, AS. Ia membentur ubin sangat keras dan menyebabkan luka di dahi, bibir dan dagunya sehingga harus dijahit.
“Bibir saya sangat besar, saya kesulitan berbicara dan sangat kesakitan. Saya kehilangan gigi dan saya tidak bisa makan atau tidur,” cerita Lawley.
ADVERTISEMENT
Jahitan di dahinya membentuk bekas luka seperti karakter Harry Potter. Gara-gara itu, banyak orang yang kini memanggilnya ‘si Penyihir’. Namun, ketika ia mengungkap soal keadaan ‘babak belur’ di media sosial, ia menadapatkan banyak dukungan dari para netizen.
"Kadang media sosial terasa sangat mengintimidasi, kadang aku tidak tahan dan di sisi lain aku suka ketika orang bisa menunjukkan dirinya secara nyata," keterangan foto Lawley.
Wajah Model Ini Babak Belur Usai Terjatuh Akibat Penyakit Langka (143100)
Robyn Lawley mengunggah foto wajah lebamnya akibat terjatuh gara-gara penyakit langka yang dideritanya kambuh. Foto: Robyn Lawley/Instagram
Model beranak satu itu mengatakan, bahwa ia akan terus melakukan pekerjaannya sebagai model. Lawley diketahui menjadi model pertama untuk pakaian renang ukuran besar dan muncul di Sports Illustrated's Swimsuit Issue pada 2015 silam.