Tekno & Sains
·
3 Desember 2020 11:26

Waspada, Ini 6 Tanda Kadar Gula Darah Kamu Sedang Tinggi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Waspada, Ini 6 Tanda Kadar Gula Darah Kamu Sedang Tinggi  (69569)
com-Alat cek gula darah. Foto: Shutterstock
Penyakit diabetes sering kali disebabkan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Jika dibiarkan, kondisi akan menyebabkan penyakit yang lebih kronis dan akan mengancam keselamatan jiwa.
ADVERTISEMENT
Menurut seorang Dokter Endokrinologi di New York, Dr. Lionel Lober, penyakit diabetes berpotensi kuat menjadi epidemi. Namun, pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan mudah melalui gaya hidup yang sehat.
Menurut Lober, gejala diabetes muncul secara bertahap sehingga sulit dikenali. Ketika gejala itu makin parah, tiba-tiba penderita akan langsung terbaring lemah di rumah sakit.
Karena itu, Lober menyarankan setiap orang untuk bisa memahami gejala-gejala diabetes. Lalu, apa saja gejala diabetes menurut Dr. Lober? Berikut ulasannya.
Waspada, Ini 6 Tanda Kadar Gula Darah Kamu Sedang Tinggi  (69570)
Ilustrasi buang air kecil Foto: Shutterstock

Sering Merasa Sangat Haus dan Buang Air Kecil

Ini disebabkan karena tubuh kelebihan glukosa dalam darah, sehingga ginjal bereaksi dengan mengeluarkannya melalui urine. Hal itu membuat kita kemudian sering buang air kecil. Keseringan buang air kecil kemudian akan membuatmu merasa sangat haus sepanjang waktu.
ADVERTISEMENT

Mulut Kering

Sering buang air kecil juga bisa menyebabkan mulut kering, karena tubuh mengeluarkan kelebihan gula melalui urine yang kemudian membuat seseorang mengalami dehidrasi.

Mudah Lelah

Memiliki kadar gula darah yang tinggi dapat memperlambat sirkulasi darah dalam tubuh, yang mengakibatkan kita mudah merasa lelah. Kondisi tersebut membuat kita tidak produktif karena aktivitas berjalan lamban sepanjang waktu. Menurut pakar kesehatan, mudah merasa lelah menjadi gejala awal yang paling umum dari kadar gula darah yang tinggi.

Kesemutan di Tangan dan Kaki

Kondisi kesemutan di tangan dan kaki dikenal dengan sebutan neuropati diabetik. Kesemutan terjadi ketika kadar gula darah tinggi yang mempengaruhi sirkulasi darah kita.
ADVERTISEMENT

Penglihatan Kabur

Efek samping lainnya dari perubahan tingkat cairan tubuh adalah membuat lensa mata membengkak sehingga menyebabkan penglihatan kabur.

Sakit Kepala

Sakit kepala yang sering terjadi bersamaan dengan kelelahan juga merupakan tanda kadar gula darah tinggi.
(EDR)