Bola & Sports
·
31 Maret 2021 13:39

5 Profesi yang Pernah Digeluti Bintang UFC: Dari Pelayan hingga Kuli Bangunan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Profesi yang Pernah Digeluti Bintang UFC: Dari Pelayan hingga Kuli Bangunan (173526)
Conor McGregor. Foto: Instagram/@thenotoriousmma
Nama-nama besar di panggung UFC tak ujug-ujug langsung bersinar. Seperti Conor McGregor misalnya, The Notorious pernah menjadi tukang ledeng sebelum membintangi olahraga MMA.
ADVERTISEMENT
Kisah ini sebenarnya bukan hal yang baru di UFC. Banyak petarung yang lahir dalam kesulitan dan kemiskinan. Francis Ngannou, sang juara kelas berat, pernah hidup menggelandang dan mengais makanan di tong sampah.
Selain itu, lawan Ngannou di UFC 260 Minggu (28/3) lalu, Stipe Miocic, masih aktif sebagai petugas pemadam kebakaran sampai saat ini.
5 Profesi yang Pernah Digeluti Bintang UFC: Dari Pelayan hingga Kuli Bangunan (173527)
Petarung MMA, Francis Ngannou. Foto: FRANCK FIFE / AFP
Diwartakan The Sun, berikut ini pekerjaan-pekerjaan yang pernah, dan masih, digeluti oleh para bintang UFC.

Conor McGregor

McGregor lahir dari keluarga kelas pekerja di pinggiran kota Dublin, Irlandia. Sebelum menjadi megabintang, ia pernah bekerja sebagai tukang ledeng.
The Notorious bisa bekerja selama 12 jam sehari untuk memenuhi kebutuhan hidup sebelum melanjutkan sesi latihan di gym.
5 Profesi yang Pernah Digeluti Bintang UFC: Dari Pelayan hingga Kuli Bangunan (173528)
Conor McGregor mengajak penonton bersulang dengan segelas wiski. Foto: Reuters/Steve Marcus
Ketika ia berhenti bekerja, orang tuanya tidak setuju dan mereka bertengkar. Namun, McGregor memberi tahu ibu dan bapaknya kalau dirinya akan menjadi jutawan.
ADVERTISEMENT
Kini, McGregor diyakini memiliki kekayaan sekitar USD 164,7 juta. Jika dikonversi ke nilai rupiah saat ini, angka itu sekitar Rp 2,4 triliun.

Stipe Miocic

Stipe Miocic baru saja kehilangan titel juara kelas berat usai dikalahkan Francis Ngannou di UFC 260, Minggu (28/3) lalu. Akan tetapi, ia tetap menjadi salah satu petarung yang kuat.
Saat Miocic tidak bertarung dengan lawan-lawannya di panggung UFC, ia akan menalukkan api yang membara.
5 Profesi yang Pernah Digeluti Bintang UFC: Dari Pelayan hingga Kuli Bangunan (173529)
Francis Ngannou saat melawan Stipe Miocic dalam pertarungan kejuaraan kelas berat UFC mereka selama acara UFC 260 di UFC APEX, di Las Vegas, Nevada, Sabtu (27/3). Foto: Jeff Bottari/Zuffa LLC via Getty Images
Petarung yang tinggal di Ohia ini bekerja paruh waktu sebagai pemadam kebakaran di Valley View Fire Department, seringkali bekerja selama 24 jam penuh.
Miocic sendiri mendapatkan upah rata-rata USD 16 per jam, atau setara dengan Rp 240 ribu. Sangat jauh dari bayarannya sebagai petarung UFC.
ADVERTISEMENT

Dominick Reyes

Dominic Reyes kini berada di peringkat ketiga di kelas berat ringan UFC dan meskipun kalah dari Jan Blachowicz pada September lalu, ia sepertinya tak terlalu kecewa dengan mempertimbangkan seberapa jauh pria 30 tahun itu telah melangkah.
5 Profesi yang Pernah Digeluti Bintang UFC: Dari Pelayan hingga Kuli Bangunan (173530)
Dominick Reyes, petarung kelas berat ringan UFC. Foto: Instagram/domreyes24
Pada 2017, Reyes masih menjadi seorang staf di sebuah sekolah. petarung beralias The Devastator ini bekerja di bidang information technology (IT) di Oak Hills High School, California.
Dua tahun kemudian, ia meninggalkan pekerjaannya untuk berkonsentrasi di UFC.

Emily Whitmire

Emily Whitmire melakukan debutnya di UFC pada akhir tahun 2017. Petarung berusia 29 tahun ini bersain di divisi strawweight. Akan tetapi, ia tak melepaskan pekerjaan hariannya.
Whitmire juga bekerja paruh waktu sebagai seorang pelayan di sebuah bar di Las Vegas. Ia tetap menggeluti pekerjaan ini karena gajinya yang lumayan dan lingkungan yang menyenangkan.
5 Profesi yang Pernah Digeluti Bintang UFC: Dari Pelayan hingga Kuli Bangunan (173531)
Emily Whitmire, petarung kelas strawweight UFC. Foto: Instagram/emwhitmire115
"Uangnya terlalu bagus untuk ditinggalkan. Orang-orang tempat saya bekerja benar-benar luar biasa, dan ini pekerjaan yang menyenangkan," ungkap Whitmire kepada MMA Junkie.
ADVERTISEMENT
"Jadi jika saya bisa masuk dan menghasilkan beberapa ratus dolar tambahan pada malam tertentu, seperti, kenapa tidak?," sambungnya.

Demetrious Johnson

Demetrious Johnson saat ini berlaga di ONE Championship. Petarung beralias Mighty Mouse ini disebut-sebut sebagai salah satu atlet MMA terbaik sepanjang masa.
5 Profesi yang Pernah Digeluti Bintang UFC: Dari Pelayan hingga Kuli Bangunan (173532)
Demetrious Johnson, mantan juara kelas berat UFC. Foto: Instagram/mighty
Mantan juara kelas terbang itu sendiri memiliki rekor luar biasa selama berkarier di UFC, yakni 27-3-1. Akan tetapi, tiga tahun sebelum debutnya, Johnson pernah bekerja 10-12 jam sehari sebagai kuli bangunan.
"Saya bukanlah orang yang benci bekerja. Saat saya bekerja dan berlatih, saya menyukainya. Saya senang bahwa saya harus bekerja sekeras itu. Saya pikir itu berubah menjadi gym dan kemudian berubah menjadi octagon. Itu hal yang bagus," ungkap Johnson.
ADVERTISEMENT
****