Bola & Sports
·
22 November 2020 23:01

6 Fakta Menarik MotoGP 2020

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Fakta Menarik MotoGP 2020 (658993)
Balapan MotoGP 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Foto: Juan Medina/Reuters
MotoGP 2020 sudah berakhir. Juara dunianya sudah ketahuan, tetapi cerita-cerita dan kenangannya tetap abadi.
ADVERTISEMENT
Ini adalah musim yang penuh suka-duka. Pandemi corona nyaris membikin gelaran MotoGP 2020 sepenuhnya berantakan.
Sudah begitu, terjadi kejutan. Marc Marquez sang juara bertahan hanya sekali turun mengaspal, cuma di seri pertama. Selebihnya, The Baby Alien hanya menonton balapan MotoGP karena cedera.
kumparanSPORT merangkum 6 fakta menarik MotoGP 2020. Silakan disimak.

1) 'Menghilangnya' Marc Marquez

6 Fakta Menarik MotoGP 2020 (658994)
Pebalap MotoGP Repsol Honda, Marc Marquez. Foto: JOSE JORDAN / STR / AFP
Marc Marquez benar-benar hanya balapan sekali di MotoGP 2020. Sebabnya, dalam seri MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, si pebalap andalan Repsol Honda mengalami crash yang berujung pada cedera parah.
Dua kali menjalani operasi, Marquez gagal mengejar sisa musim ini. Bahkan bisa juga, diprediksi, kakak Alex Marquez itu juga tak bisa berkompetisi di MotoGP 2021 karena harus menjalani operasi ketiga.
ADVERTISEMENT
Namun, ada yang bilang, MotoGP lebih seru tanpa Marquez. Ada juga yang bilang sebaliknya. Menurut kalian bagaimana?

2) Sensasi Joan Mir

6 Fakta Menarik MotoGP 2020 (658995)
Joan Mir di MotoGP Valencia. Foto: Albert Gea/Reuters
Joan Mir menjadi sosok fenomenal karena keberhasilannya menjadi juara dunia kelas utama MotoGP musim ini. Pebalap asal Spanyol itu hanya mencatatkan satu kemenangan, lho.
Dari total 14 kali balapan, Mir mampu tujuh kali naik podium dan cuma sekali di podium teratas (MotoGP Eropa). Konsisten. Pebalap Suzuki itu hanya sekali gagal finis 10 besar dan tiga kali tak finis sama sekali.
Bandingkan dengan para pesaingnya, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo tiga kali naik podium teratas tetapi hasil balapan lainnya kurang memuaskan. Begitu juga dengan Miguel Oliveira yang merengkuh dua kemenangan.
ADVERTISEMENT

3) Fabio Quartararo mengecewakan

6 Fakta Menarik MotoGP 2020 (658996)
Pebalap MotoGP Fabio Quartararo di Sirkuit Jerez, Spanyol. Foto: Marcelo Del Pozo/REUTERS
Sebelum gelaran seri ke-13, Quartararo adalah penantang juara. Namun, usai balapan seri ke-14, pebalap Prancis itu mengakhiri musim di urutan kedelapan klasemen akhir pebalap kelas utama MotoGP.
Quartararo adalah pemenang di dua seri awal di Sirkuit Jerez, Spanyol. Dia juga meraih prestasi yang sama di MotoGP Catalunya.
Namun, hanya di tiga kesempatan itu saja Quartararo naik podium. Pebalap Petronas Yamaha SRT itu tercatat pernah dua kali gagal finis dan empat kali finis di luar 10 besar, termasuk pada seri ke-14 di Portimao (finis ke-14).

4) Ada 9 pemenang di MotoGP 2020

6 Fakta Menarik MotoGP 2020 (658997)
Pebalap MotoGP, Miguel Oliveira. Foto: Lisi Niesner/Reuters
Imbas dari ketiadaan Marc Marquez adalah podium yang lebih variatif. Musim ini, ada sembilan pebalap yang berkesempatan mencicipi podium teratas kelas utama MotoGP.
ADVERTISEMENT
Mereka adalah Mir, Morbidelli (3x), Quartararo (3x), Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, Miguel Oliveira (2x), Brad Binder, Danilo Petrucci, dan Alex Rins.

5) Nasib sial Valentino Rossi

6 Fakta Menarik MotoGP 2020 (658998)
Pebalap MotoGP, Valentino Rossi. Foto: JENNIFER LORENZINI/REUTERS
Valentino Rossi bernasib tak mujur di MotoGP 2020. The Doctor lima kali gagal finis, empat di antaranya diderita secara beruntun.
Sudah begitu, Rossi juga sempat terjangkit corona, sehingga harus absen di MotoGP Aragon dan Teruel. Performa mesin Yamaha kerap membuatnya frustrasi juga.
Satu-satunya hal baik adalah Rossi bisa naik podium ketiga di MotoGP Andalusia. Itu adalah podiumnya yang ke-199.

6) Perpisahan di seri terakhir

6 Fakta Menarik MotoGP 2020 (658999)
Cal Crutchlow Foto: Motogp
Tidak akan ada nama Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso di daftar pebalap MotoGP 2021. MotoGP Portugal menjadi garis finis bagi Crutchlow yang akan menjadi pebalap tes Yamaha musim depan.
ADVERTISEMENT
Dovizioso menyatakan bakal membuka peluang untuk kembali ke MotoGP pada 2022. Apa rencananya di musim 2021? Belum tahu, kalau ada tawaran membalap pun akan tetap diperhitungkannya.
6 Fakta Menarik MotoGP 2020 (659000)
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Foto: Marcelo Del Pozo-Reuters
----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.