Ilustrasi olahraga sambil menggunakan masker.
7 Juli 2020 8:40

6 Olahraga Favorit saat New Normal

6 Olahraga Favorit saat New Normal (3836)
com-Ilustrasi olahraga sambil menggunakan masker. Foto: Shutterstock
Ada banyak kebiasaan baik yang muncul sejak pandemi. Mulai dari sering cuci tangan, mengonsumsi makanan bergizi, hingga melakukan aktivitas fisik meski di rumah aja. Ya, selamat kamu sudah terbiasa menjalani gaya hidup baru.
Salah satu kebiasaan yang tak boleh hilang meski sudah memasuki kebiasaan baru adalah olahraga rutin. Sebab selain menjaga kesehatan, berolahraga juga membuatmu terhindar dari stres.
Nah, kira-kira olahraga apa saja yang bisa kamu lakukan selama fase new normal? Yuk #PilihCeritamu dengan enam olahraga berikut!
1. Jogging
6 Olahraga Favorit saat New Normal (3837)
com-Saat new normal, kamu bisa pilih jogging track yang sepi agar terhindar dari kerumunan. Foto: Shutterstock
Jogging menjadi olahraga murah yang bisa dilakukan siapa saja. Sebuah penelitian di Taiwan menunjukkan, jogging menjadi salah satu cara tepat untuk menangkal obesitas.
Di tengah fase new normal, usahakan untuk jogging dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kamu bisa memilih track yang jauh dari keramaian, misalnya di area komplek. Ambil waktu 30-60 menit per sesi dan usahakan melakukannya tiga kali seminggu.
2. Yoga
6 Olahraga Favorit saat New Normal (3838)
com-Karena fokus utamanya adalah pernapasan, yoga bisa mengurangi stres, mencegah sakit punggung, mengurangi masalah asma, dan meningkatkan kebugaran. Foto: Shutterstock
Saat pandemi, olahraga ini jadi favorit banyak orang. Berfokus pada olah pernapasan, gerakan yang dilakukan saat yoga tidak banyak membuang energi yang dapat membuat tubuh dehidrasi.
Berbeda dengan jogging, yoga bisa kamu lakukan di rumah dengan bantuan video pelatihan di internet. Kalau kamu masih pemula, tak perlu khawatir. Ada lima gerakan yoga yang bisa kamu coba: tree pose, downward-facing dog, cat-cow, mountain pose, atau child's pose.
Karena fokus utamanya adalah pernapasan, yoga bisa mengurangi stres, mencegah sakit punggung, mengurangi masalah asma, dan meningkatkan kebugaran.
3. Zumba
6 Olahraga Favorit saat New Normal (3839)
com-Instruktur zumba memimpin latihan secara daring di sebuah tempat kebugaran di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/4). Foto: ANTARA FOTO/Zabur karuru
Menurut instruktur dan owner Bodyfit, Gita Anindya, zumba dapat menekan kalori dalam tubuh karena gerakannya merupakan perpaduan aerobik dan dance. Tak hanya itu, penelitian menunjukkan zumba dapat menurunkan tekanan darah yang terjadi pada saat kontraksi jantung, sehingga memperkuat daya tahan tubuh.
Meski beberapa studio olahraga sudah dibuka, usahakan untuk tetap zumba di rumah ya! Ada banyak video di Youtube yang bisa jadi acuan kamu untuk melakukan zumba. Kamu juga bisa mengajak keluargamu agar momen olahraga di rumah semakin menyenangkan.
4. Pilates
6 Olahraga Favorit saat New Normal (3840)
com-Lisa Namuri, instruktur yoga dan pilates. Foto: dok.Instagram @lisanamuri
Mirip dengan yoga, pilates merupakan olahraga low impact yang tidak membutuhkan banyak tenaga saat melakukannya. Tapi kalau kamu belum terbiasa, hati-hati ya! Sebab, diperlukan teknik pernapasan khusus agar gerakannya maksimal. Saat melakukan pilates, kamu perlu melatih konsentrasi sekaligus melakukan gerakan fisik yang selaras.
Pilates akan melatih otot-otot punggung bawah, pinggul, serta panggul sehingga dapat menjaga postur tubuh yang baik. Tak hanya itu, pilates juga dapat mencegah dan mengurangi rasa sakit dari cedera yang kamu alami, lho!
5. Bersepeda
6 Olahraga Favorit saat New Normal (3841)
com-Warga mengayuh sepedanya saat melintas di jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Foto: NOVA WAHYUDI/ANTARA FOTO
Tren bersepeda tiba-tiba saja mengalami kenaikan yang signifikan di tengah fase new normal. Selain sebagai alternatif alat transportasi, bersepeda juga menjadi olahraga yang menyenangkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Saat memutuskan untuk bersepeda di situasi sekarang, usahakan untuk tetap menjaga jarak. Pilih jalur yang sepi sehingga kamu bisa meminimalisir terjadinya penularan virus. Kamu bisa bersepeda dua kali seminggu dan menempuh jarak yang lebih jauh pada akhir pekan secara konsisten untuk meningkatkan kebugaran.
6. eSport
6 Olahraga Favorit saat New Normal (3842)
com-Selama pandemi, penggemar eSport semakin meningkat. Foto: Shutterstock
Dilansir Forbes, eSport menjadi salah satu olahraga yang paling diminati selama pandemi. Bagaimana tidak, olahraga yang satu ini tidak memerlukan kontak fisik saat bertanding. Internet dan smartphone membuat para pemain eSport di seluruh dunia terhubung untuk bersaing.
Sebenarnya, eSport bukan olahraga baru. Olahraga ini bahkan jadi salah satu olahraga yang sudah dipertandingkan dalam laga eksibisi gelaran Asian Games 2018. Game yang biasa ditandingkan yaitu Mobile Legends, Free Fire Arena of Valor, PUBG, Fornite, dan lain-lain.
Nah saat melakukan olahraga favorit selama new normal, kamu pasti butuh peralatan olahraga. Meski beberapa pusat perbelanjaan telah dibuka, ada baiknya tetap memilih berbelanja online demi keamanan dan kesehatan bersama karena pandemi belum sepenuhnya usai.
Salah satu e-commerce yang bisa jadi pilihan tepat agar belanja online tetap aman, nyaman, dan hemat adalah Lazada. Apalagi Lazada tengah mengadakan berbagai promo menarik di Lazada Mid Year Super Sale! Kamu bisa mendapatkan berbagai produk olahraga original dan berkualitas dari brand favorit dengan harga banting —mulai dari Rp3.000 saja!
Video
Tak hanya itu, lewat fitur LazLive, kamu juga bisa mengikuti program olahraga seru dan membeli peralatan olahraga dari para seller terpercaya. Jadi, enggak perlu bingung lagi deh mau pilih alat yang mana untuk olahraga selama new normal.
Saat Mid Year Sale nanti, Lazada juga akan menghadirkan Crazy Flash Sale selama lima kali sehari dengan diskon hingga 99 persen. Kamu juga bisa menikmati promo flexi combo; makin banyak kamu belanja, makin banyak juga diskon dan hadiah yang bisa kamu dapatkan.
Agar tidak ketinggalan, catat tanggalnya ya! Lazada Mid Year Sale berlangsung hanya tiga hari saja, 7-9 Juli 2020. Yuk add to cart dari sekarang dan #PilihCeritamu dengan harga banting di Lazada Mid Year Sale!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Lazada