kumparan
3 Januari 2020 15:06

Alex Marquez Incar Rookie of the Year di MotoGP 2020

Alex Marquez PTR
Pebalap anyar Repsol Honda, Alex Marquez. Foto: JOSE JORDAN / STR / AFP
Alex Marquez resmi diperkenalkan sebagai pebalap anyar Repsol Honda untuk mengarungi musim 2020. Pada debutnya di balapan motor paling elite sejagat itu, Marquez berambisi meraih penghargaan Rookie of the Year.
ADVERTISEMENT
Adik kandung dari Marc Marquez itu direkrut untuk menggantikan Jorge Lorenzo yang memutuskan pensiun. Reputasi Marquez pun terbilang ciamik karena datang sebagai jawara Moto2 2019.
Ekspetasi besar pun muncul kepada Marquez karena potensi apiknya ditopang oleh motor RC213V yang mengantarkan kakaknya menjadi juara dunia MotoGP selama tiga musim beruntun. Namun, target awal yang ingin dicapai Marquez adalah tampil konsisten sebagai debutan.
Alex Marquez
Alex Marquez, juara Moto2 2019. Foto: Mohd RASFAN / AFP
"Saya bisa katakan bahwa target saya ingin menjadi Rookie of the Year, itu tujuan pertama. Tapi, saat ini saya ingin lebih dulu fokus memahami motor untuk menumbuhkan kepercayaan diri," kata Marquez dilansir Crash.
"Sebelum race pertama di Qatar nanti, saya sudah bisa melihat lebih baik di mana posisi saya dan apa yang bisa saya lakukan di balapan pertama," tuturnya menambahkan.
ADVERTISEMENT
Marquez sudah lebih dulu menjajal kemampuan motor RC213V di tes MotoGP November 2019 lalu dengan hasil yang tak terlalu menonjol. Pada tes pertama di Valencia, Marquez menempati urutan ke-20 dan ada menduduki peringkat 17 di tes Jerez.
Alex Marquez
Alex Marquez bersama kakaknya, Marc Marquez. Foto: Twitter: Alex Marquez
Pebalap berusia 23 tahun itu mafhum ekspektasi besar muncul dari publik terhadap penampilannya. Akan tetapi, Marquez tak mau ambil pusing dengan segala pengharapan yang disematkan dan memilih fokus mencatatkan tinta emas pada musim perdana di MotoGP.
"Target setiap rookie adalah berada di tim pabrikan. Setelah menjuarai Moto2, target Anda pastinya ingin ada di sana. Jadi, saya pikir ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan," jelas Marquez.
"Bisa berada di Repsol Honda yang merupakan tim dengan sejarah besar di MotoGP adalah kehormatan. Saya tahu ini adalah tantangan. Sejak awal saya menginginkan kesempatan ini dan 100% akan menikmatinya," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan