Bola & Sports17 September 2020 16:06

Biar Nyaman, Ini Starter Pack Wajib saat Bersepeda

Konten Redaksi kumparan
Biar Nyaman, Ini Starter Pack Wajib saat Bersepeda  (611265)
Pesepeda menggunakan jalur sepeda di Jalan MH. Thamrin, Jakarta. Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto
Bersepeda menjadi salah satu kegiatan yang sedang populer tahun ini, hal ini bermula sejak masa pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita untuk tetap berada di rumah. Banyak orang yang merasa bosan, namun tetap ingin berolahraga.
ADVERTISEMENT
Nah, bersepeda menjadi salah satu alternatif bagi sebagian orang untuk tetap sehat dan mengisi waktu luang. Selain itu, ada juga beberapa orang yang bersepeda untuk pergi bekerja dan ke tempat lainnya.
Agar aktivitas bersepeda jadi makin aman dan nyaman, tetap ikuti protokol kesehatan yang dianjurkan dan berikut kumparanSPORT akan sajikan 5 barang yang wajib kamu bawa.

Peralatan Keamanan

Penggunaan alat keselamatan saat bersepeda sangat diperlukan, sebab resiko terjadinya kecelakaan saat bersepeda enggak bisa kita prediksi.
Jadi pastikan kamu menggunakan helm, sarung tangan khusus bersepeda, kacamata untuk melindungi mata dari debu dan sinar matahari yang terik, dan masker yang sesuai dengan protokol kesehatan ketika sampai di tujuan.

Botol Air Minum yang Sudah Terisi

Kebutuhan air putih sangat penting untuk menunjang energi tubuh. Tentunya, selama bersepeda, kamu akan mengalami pengurangan cairan dalam tubuh. Untuk itu, kamu harus membawa persediaan air minum yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi akibat kelelahan setelah bersepeda jarak jauh.
ADVERTISEMENT

Kotak P3K

P3K atau kotak pertolongan pertama sangat diperlukan jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan saat kalian sedang bersepeda. Enggak perlu dibawa semua kok, cukup bawa barang-barang yang kalian perlukan contohnya plester luka, cairan antiseptik, kapas, dan obat-obatan yang wajib kalian konsumsi.
Biar Nyaman, Ini Starter Pack Wajib saat Bersepeda  (611266)
Warga mengayuh sepedanya saat melintas di jalan MH Thamrin, Jakarta. Foto: NOVA WAHYUDI/ANTARA FOTO
Selain itu, di masa pandemi seperti saat ini, hand sanitizer juga disarankan dibawa agar tangan selalu bersih dari bakteri dan virus yang menempel.

Bekal Makanan

Ketimbang membeli makanan di pinggir jalan yang belum jelas kesehatannya, mending sediakan bekal makanan yang bisa kamu bawa dari rumah. Susun menunya dengan makanan 4 sehat 5 sempurna.
Disarankan juga untuk membawa cemilan sehat seperti buah-buahan dan susu, yang praktis untuk dimakan ketika sedang beristirahat.
ADVERTISEMENT

Alal-alat Penting Lainnya

Bagi yang bersepeda untuk bekerja, kamu disarankan membawa peralatan mandi, handuk, dan baju lebih. Sebab, saat bersepeda di tengah kota, tubuhmu berpotensi kotor dan berkeringat.
Selain itu, kamu boleh jadi perlu membawa tisu --baik yang kering atau basah-- dan sunblock agar terlindung dari teriknya sinar matahari.
Biar Nyaman, Ini Starter Pack Wajib saat Bersepeda  (611267)
Sky Race, kompetisi bersepeda terberat di Bolivia - Bolivia Skyrace - Yolosa, La Paz, Bolivia. Foto: Reuters/David Mercado

Tips Bersepeda di Tengah Pandemi COVID-19

Selain barang-barang yang wajib dibawa, kamu juga disarankan untuk mengikuti beberapa protokol kesehatan sebelum bersepeda untuk mencegah penularan virus corona.
Pertama, bersihkan sepeda sebelum digunakan dengan menggunakan cairan disinfektan. Kedua, jaga jarak fisik dengan orang lain.
Lalu, usahakan jangan berkerumun agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Terakhir, jangan menyentuh apapun saat sedang bersepeda, termasuk ponsel sebelum cuci tangan atau memakai hand sanitizer.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white