Bola & Sports17 September 2020 15:54

BNPB Akan Fasilitasi Tes Swab-PCR untuk Kompetisi Olahraga Nasional

Konten Redaksi kumparan
BNPB Akan Fasilitasi Tes Swab-PCR untuk Kompetisi Olahraga Nasional (173684)
Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Munardo. Foto: Dok. Istimewa
Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo, memastikan bahwa BNPB akan mendukung bergulir kembalinya kompetisi olahraga di Indonesia dengan memfasilitasi tes Swab-PCR.
ADVERTISEMENT
Sejauh ini gelaran Liga Bola Basket Indonesia (IBL) dan kompetisi sepak bola Indonesia (Liga 1) dipastikan akan bergulir kembali dalam waktu dekat.
Berbagai protokol kesehatan sudah disusun untuk menggelar kembali dua kompetisi olahraga Nasional tersebut. Pasalnya, kedua cabang olahraga ini memiliki basis penggemar yang besar di Indonesia.
Oleh karena itu, Doni memastikan bahwa nantinya gelaran kompetisi ini tidak boleh dihadiri penonton. Ia juga meminta kepada pihak penyelenggara untuk menerapkan aturan tersebut semaksimal mungkin.
BNPB Akan Fasilitasi Tes Swab-PCR untuk Kompetisi Olahraga Nasional (173685)
Pemain Persija Jakarta dan Bhayangkara FC melakukan salam siku usai pertandingan Liga 1 2020 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (14/3). Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
''Sesuai arahan Menteri Kesehatan, setiap penyelenggaran kompetisi diwajibkan melakukan koordinasi dengan satuan penanganan COVID-19 dan Dinas Kesehatan daerah,'' kata Doni, Kamis (17/9).
''Perlu diperhatikan bahwa [kompetisi] basket dan sepak bola harus digelar tanpa penonton. Mohon aturan ini dijalankan sebaik-baiknya,'' lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, lanjut Doni, setiap pihak yang terkait dengan gelaran kompetisi harus dilakukan tes Swab-PCR untuk menghindari penyebaran virus corona.
Meski membutuhkan biaya yang tak sedikit, Doni memastikan bahwa BNPB akan memfasilitasi tes Swab-PCR pada para pemain dan segenap pihak yang terlibat dalam kompetisi tersebut.
BNPB Akan Fasilitasi Tes Swab-PCR untuk Kompetisi Olahraga Nasional (173686)
Pebasket Stapac Jakarta Savon Rafriyq Llyod Goodman (kedua kanan) membawa bola dibayangi pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Hardianus (kedua kiri). Foto: Antara/M Agung Rajasa
Menurutnya, menggelar pertandingan olahraga di masa pandemi memang penting. Namun, kesehatan dan keselamatan semua pihak tetaplah yang utama.
''Nantinya, semua yang terlibat harus dipastikan sudah melalui swab dan PCR test. Kami akan memberi fasilitas itu untuk pemain dan segenap unsur pendukung lainnya,'' tutur Doni.
''Pertandingan olahraga memang penting. Namun, kesehatan dan keselamatan semua pihak adalah yang utama,'' tandasnya.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white