Bola & Sports
·
11 Desember 2018 6:30

BWF Player of the Year 2018: Dari Marcus/Kevin hingga Leani Ratri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
BWF Player of the Year 2018: Dari Marcus/Kevin hingga Leani Ratri (1370)
Marcus/Kevin di Kejuaraan Dunia BWF 2018. (Foto: ANTARA Foto/Humas PBSI)
Pertandingan BWF World Tour Final di Guangzhou, China, memang baru dimulai Rabu (12 Desember 2018. Namun, para pebulu tangkis andal dunia sudah bersolek sejak Senin (10/12/2018) untuk mengikuti gala dinner yang menjadi salah satu agenda dari pamungkas rangkaian tur dunia BWF ini.
ADVERTISEMENT
Layaknya FIFA, BWF juga punya malam penganugerahan pemain terhebat yang tak boleh dilewatkan. BWF Player of the Year namanya. Di sanalah para atlet pria berpakaian rapi nan rupawan dengan jasnya, sementara atlet wanita tampil cantik dan memesona dalam balutan gaun masing-masing.
Musim ini, ganda putra andalan Indonesia, masih belum tergoyahkan sebagai pemilik takhta ganda putra nomor satu dunia. Duo berjuluk 'Minions' ini mendapat penghargaan Male Player of the Year 2018, sama seperti tahun lalu ketika dianugerahi Male Player of the Year 2017 di Dubai World Super Series Finals.
Tahun lalu usai mendapat penghargaan pemain putra terbaik BWF, Marcus/Kevin juga menyempurnakan penampilannya dengan menjadi juara usai mengalahkan Liu Cheng/Zhang Nan (China) di final pada 17 Desember 2017. Tahun ini, 'Minions' masih hadir sebagai ganda nomor wahid dan ditargetkan menjadi juara.
ADVERTISEMENT
Dalam acara gala dinner sendiri, Marcus tampil dengan setelan jas. Beda dari rekannya itu, Kevin sedikit lebih santai dengan memakai batik bernuansa cokelat. Satu yang sama, keduanya terlihat gagah dengan pakaian masing-masing saat memegang piagam dan trofinya di atas panggung.
"Kami tidak menyangka bisa menang lagi tahun ini, karena persaingannya ketat. Ada Zheng Siwei juga yang sering juara. Momen yang paling tidak terlupakan dari capaian di 2018 adalah Asian Games 2018. Saat itu kami hampir kalah, tapi kami bisa bangkit dan akhirnya menang. Itu adalah momen yang tidak bisa dilupakan," kata Kevin dilansir PBSI.
"Kami merasa masih banyak yang harus dikejar, kami tidak mau cepat puas. Saat ini kami merasa bisa nikmati semua karena kami melakukan sesuatu yang kami sukai. Ke depannya, kami harus lebih berprestasi dan tampilkan yang terbaik," timpal Marcus.
ADVERTISEMENT
Selain Marcus/Kevin, atlet para bulu tangkis kategori SL3-SU5, Leani Ratri Oktila, juga sukses memenangi penghargaan Female Para-badminton Player of the Year. Sayangnya, Anthony Sinisuka Ginting, Apriyani Rahayu, dan Gregoria Mariska Tunjung gagal memenangi kategori masing-masing. Pemenang sendiri ditentukan oleh BWF Awards Commission.
Tak hanya kategori para pebulu tangkis terbaik, BWF Player of the Year juga memilih pemain dengan gaun terbaik bagi atlet wanita yang hadir di gala dinner. Dengan gaun berwarna putih, Pusarla Venkata Sindhu-lah pemenangnya. Atlet asal India ini terlihat anggun layaknya pengantin wanita.
Untuk Best Dress of the Male, atlet tuan rumah, Shi Yuqi, menjadi pemenang dengan tampilan tuksedo hitam lengkap dengan dasi kupu-kupu menghiasi kemeja putihnya. Sementara, para pebulu tangkis Tanah Air mayoritas memilih tampilan lebih santai. Beberapa atlet pria memilih mengenakan batik sebagai identitas bangsa, pun para atlet wanita yang kompak dengan gaun berhiaskan motif batik di beberapa bagiannya.
ADVERTISEMENT