kumparan
14 Desember 2019 15:04

BWF World Tour Finals: Kalahkan Chen Long, Anthony Ginting ke Final

Anthony Ginting
Aksi Anthony Ginting di BWF World Tour Finals 2019. Foto: dok. PBSI
Satu tempat di babak final BWF World Tour Finals 2019 dipastikan menjadi milik Anthony Sinisuka Ginting. Hasil ini didapat setelah Anthony mengandaskan perlawanan Chen Long dengan skor 21-15, 21-15 pada Sabtu (14/12/2019) siang WIB.
ADVERTISEMENT
Meski menang, Anthony sebetulnya mengawali laga dengan kurang maksimal. Chen Long mendikte diri Anthony lewat permainan lamban dengan lob-lob menuju sudut lapangan. Ini membuat Anthony beberapa kali kehilangan angka dan sempat tertinggal 1-3.
Kabar baiknya, Anthony tak lantas tertekan. Ia kemudian mengambil alih kemudi laga dengan cara memaksa Chen Long bermain cepat. Ini kelemahan utama Chen Long, yang pada pertemuan di babak grup membuatnya kalah dari Anthony.
Alhasil, Anthony mampu menyamakan angka menjadi 4-4. Tak sampai di situ. Anthony bahkan berhasil berbalik unggul dari lawannya tersebut dan pada akhirnya mencapai masa interval lebih dulu dengan kedudukan 11-8.
Di titik ini Anthony di atas angin. Ia terus mencecar Chen Long dengan permainan cepat dan sesekali lewat smes-smes kencang. Di sisi lain, Chen Long masih berupaya mengejar ketertinggalan via pukulan-pukulan tanggungnya.
ADVERTISEMENT
Namun, itu tak cukup bagi Chen Long. Poin demi poin pada akhirnya terus diraih tunggal Indonesia. Gim pertama pun menjadi milik Anthony, yang merupakan pebulutangkis nomor delapan dunia itu lewat keunggulan 21-15.
Anthony Ginting
Anthony Ginting melangkah ke final BWF World Tour Finals 2019. Foto: dok. PBSI
Anthony tak mengubah pola bermainnya pada gim kedua. Kecepatan tetap ia andalkan dan menjadi momok buat Chen Long. Maka, tak seperti awal gim pertama, awal gim kedua pun benar-benar menjadi milik Anthony. Ia unggul 4-1.
Terlepas dari ketidakmampuan Chen Long meladeni permainan cepat Anthony, keunggulan ini sendiri muncul karena Chen Long tak sedang dalam performa terbaiknya.
Ada satu momen di mana bola tanggung di atas net dan Chen Long berusaha menyambarnya. Namun, pukulan pebulutangkis asal Cina ini amat lemah. Anthony dengan gampang membalikkan bola ini dan kemudian poin untuknya pun muncul.
ADVERTISEMENT
Alhasil, Anthony kembali mencapai interval lebih dulu dengan skor 11-7.
Pascainterval, Anthony melakukan dua kesalahan beruntun yang berujung berujung poin untuk Chen Long. Untungnya, meski jarak kian tipis, keunggulan tetap bertahan untuk Anthony. Di akhir gim kedua, Anthony mampu melesat meninggalkan lawannya.
Sejak kedudukan 16-13, Anthony tak membiarkan Chen Long mendapatkan satu poin pun hingga kedudukan menjadi match point, 20-13. Di titik ini Chen Long sempat mencuri dua angka.
Tapi, kemenangan pada akhirnya tetap menjadi milik Anthony dengan skor 21-15.
Hasil ini membawa Anthony melangkah ke babak final BWF World Tour Final 2019. Ia bakal berhadapan dengan pemenang antara Wang Tzu Wei [Taiwan] dan Kento Momota [Jepang] yang baru akan bertanding setelahnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan