kumparan
14 Desember 2019 20:15

BWF World Tour Finals: Marcus/Kevin Takluk di Semifinal

Kevin Sanjaya, Marcus Gideon
Aksi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di BWF World Tour Finals 2019. Foto: dok. PBSI
Untuk kedua kalinya di BWF World Tour Finals 2019, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mesti menyerah dari Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.
ADVERTISEMENT
Jika sebelumnya terjadi pada babak grup, kali ini di semifinal dalam tiga set yang berakhir dengan skor 11-21, 21-15, 10-21, pada Sabtu (14/12/2019) malam WIB.
Di babak grup, yang dilakukan Endo/Watanabe saat mengalahkan Marcus/Kevin adalah memancing mereka untuk sering berada di bagian belakang lapangan. Cara ini efektif guna menghindari adu drive, yang memang senjata utama pasangan Indonesia tersebut.
Endo/Watanabe kembali melakukannya pada pertemuan kali ini. Sejak awal, mereka seakan tak membiarkan Marcus/Kevin menyerang dari depan. Keunggulan 4-0 pun langsung mereka peroleh dalam waktu yang relatif singkat.
Di sisi lain, Marcus/Kevin cukup sering melakukan kesalahan tak perlu. Beberapa kali pukulan mereka berujung out dan bahkan terkadang tak melewati net. Akhirnya, jarak tak kunjung menipis. Mereka sempat tertinggal 5-10.
ADVERTISEMENT
Dengan kedudukan tersebut, butuh satu angka lagi bagi Endo/Watanabe untuk mencapai interval. Namun, Marcus/Kevin sempat mempertipis kedudukan lebih dulu sebelum hal tersebut dicapai sang lawan. Skor kini berubah menjadi 11-9.
Sayangnya, pasangan Indonesia tampak kesulitan pascainterval. Margin di antara keduanya kembali melebar menjadi 19-11. Di titik ini tak banyak yang dilakukan Marcus/Kevin. Alhasil, gim pertama berakhir dengan kedudukan 21-11.
Memasuki gim kedua, Marcus/Kevin tampil lebih agresif, sedangkan Endo/Watanabe tetap dengan pola awal. Ini membuat duel ini menjadi lebih ketat sekaligus menarik. Margin poin di antara keduanya juga tak pernah lebih dari dua angka.
Walau begitu, pada akhirnya pasangan Indonesia-lah yang mampu memimpin. Sejak kedudukan 7-7 mereka tak membiarkan Endo/Watanabe mencuri angka. Alhasil, interval di gim ini mampu Marcus/Kevin capai lebih dulu dengan skor 11-7.
Marcus/Kevin
Marcus/Kevin beraksi di BWF World Tour Finals 2019 Foto: Dok. PBSI
Marcus/Kevin terus menekan setelahnya. Di titik ini Endo/Watanabe terlihat tak bisa lagi memancing pasangan Indonesia untuk berada di bagian belakang. Ditambah, ada beberapa pukulan mereka yang berakhir menjadi bola tanggung.
ADVERTISEMENT
Gim kedua lantas menjadi milik Marcus/Kevin lewat skor 21-15.
Pada gim penentuan, Marcus/Kevin menerapkan pola yang sama. Yang menarik, pasangan Jepang tampak coba menandingi pasangan Indonesia dengan pola serupa. Dari sini, adu drive kerap terlihat, terutama sebelum kedudukan menjadi 4-4.
Sial bagi Marcus/Kevin, Endo/Watanabe lebih unggul kali ini. Mereka bahkan mencapai interval lebih dulu dengan kedudukan yang amat jauh, yakni 11-4. Setelahnya, Marcus/Kevin sempat mencoba bangkit dan mempertipis kedudukan menjadi 9-13.
Akan tetapi, skor sudah kelewat jauh. Di sisi lain, Endo/Watanabe kembali menggunakan pola awal mereka yang kian menyulitkan pasangan Indonesia. Ditambah Marcus/Kevin yang tampak mulai kelelahan, gim ketiga benar-benar menjadi milik pasangan Jepang.
Saat kedudukan 16-9, ada beberapa pengembalian Endo/Watanabe yang berujung bola tanggung. Namun, secara ajaib mereka mampu mengembalikan tiap pukulan yang dilancarkan Marcus/Kevin setelahnya. Ini terjadi berulang-ulang.
ADVERTISEMENT
Poin demi poin akhirnya terus mereka raih hingga kedudukan menjadi 21-10. Kemenangan pun menjadi milik pasangan Jepang. Hasil ini membikin Endo/Watanabe melaju ke babak final BWF World Tour Finals 2019.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan