kumparan
7 Sep 2019 21:29 WIB

Charles Leclerc Start Terdepan di GP Italia

Leclerc di kualifikasi GP F1 Austria. Foto: AFP/Andrej Isakovic
Pada akhirnya Ferrari yang memasuki Formula 1 GP Italia 2019 dengan dominasi. Menyapu bersih seluruh latihan bebas, pebalap Ferrari kembali jadi yang tercepat di sesi kualifikasi yang digelar pada Sabtu (7/9/2019) di Sirkuit Monza.
ADVERTISEMENT
Pole position itu disegel berkat catatan waktu 1 menit 19,307 detik. Itu berarti, Leclerc bakal memulai balapan pada Minggu (8/9/2019) dari grid terdepan.
Mercedes tidak perlu kecewa-kecewa amat. Lewis Hamilton bakal memulai balapan dari grid kedua berkat catatan waktu 1 menit 19,346 detik. Sementara, di posisi ketiga ada Valtteri Bottas dengan torehan waktu 1 menit 19,354 detik. Kalau Sebastian Vettel? Hmmm... Dia ada di posisi empat.
Kualifikasi pertama (Q1) baru berjalan empat menit, red flag sudah dikibarkan. Penyebabnya adalah kerusakan mobil Sergio Perez. Meski tak ada crash, pebalap Force India itu mesti segera dievakuasi ke luar lintasan karena sudah tidak bisa melanjutkan balapan.
Hanya karena tidak menutup FP3 sebagai pebalap tercepat, bukan berarti Leclerc langsung merosot. Pebalap asal Monako ini menutup Q1 sebagai yang tercepat berkat catatan waktu 1 menit 20,126 detik.
ADVERTISEMENT
Rangkaian sesi kualifikasi memang dibuka dengan perebutan 15 posisi tercepat bagi seluruh pebalap. Hasilnya, Max Verstappen, Perez, Romain Grosjean, George Russell, dan Robert Kubica tereliminasi.
Ngomong-ngomong soal Lewis Hamilton, dia belum habis, lho. Buktinya ia menyelesaikan kualifikasi kedua (Q2) sebagai yang tercepat. Catatan waktunya yang mencapai 1 menit 20,272 detik lebih cepat 0,089 detik dari milik Leclerc yang ada di posisi kedua.
Lima pebalap yang tidak bisa berlanjut ke kualifikasi ketiga (Q3) adalah Antonio Giovinazzi, Kevin Magnussen, Daniil Kvyat, Lando Norris, dan Pierre Gasly.
Lewis Hamilton seusai menjuarai balapan GP Prancis 2019. Foto: Jean-Paul Pelissier/Reuters
Oke, Q3 adalah pemungkas. Maka dari itu melajulah seperti di sesi balapan. Alih-alih Hamilton, justru Vettel yang mengamankan status pebalap tercepat sementara. Meski demikian, posisi itu tak lama.
ADVERTISEMENT
Dengan sekejap Leclerc membukukan catatan waktu yang lebih baik, yaitu 1 menit 19,307 detik. Di momen ini, Leclerc lebih cepat 0,039 detik dari Hamilton yang ada satu setrip di bawahnya.
Sesi dihentikan sementara ketika menyisakan enam menit lagi. Penyebabnya adalah crash yang dialami oleh pebalap Alfa Romeo Racing, Kimi Raikkonen.
Sang pebalap kehilangan kontrol ketika melintasi tikungan. Alhasil mobilnya menabrak pembatas lintasan. Untuk sementara, prosedur safety car diberlakukan.
Para pebalap baru turun lintasan lagi dua menit sebelum sesi kualifikasi tuntas. Seharusnya ini menjadi fragmen yang paling sengit. Namun, Leclerc belum tergusur. Ia masih menjadi pebalap tercepat berkat catatan waktu 1 menit 19,307 detik tadi.
Balapan Formula 1 GP Italia 2019 akan digelar di Sirkuit Monza pada Minggu (8/9/2019). Sesi dimulai pada 20.10 WIB.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan