kumparan
13 November 2018 15:03

Debut di Hong Kong, Tontowi/Della Dibungkam Ganda Peringkat Lima Dunia

Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir di Indonesian Open 2018
Pebulu tangkis Indonesia Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir pada Turnamen Bulu Tangkis Blibli Indonesian Open 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (3/7). (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Hong Kong Terbuka 2018 BWF Super 500 menjadi debut ganda campuran Tontowi Ahmad/Della Destiara Haris. Tapi, babak pertama pada Selasa (13/11/2018) siang WIB sekaligus menjadi penampilan terakhir Tontowi/Della di turnamen tersebut.
ADVERTISEMENT
Ada ganda campuran peringkat lima dunia, Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang), yang masih sulit dirobohkan oleh Tontowi/Della. Meski bisa mengimbangi di gim pertama, wakil Indonesia ini tetap berakhir kalah straight game 15-21 dan 9-21 di babak 32 besar selama 32 menit.
Membuka menit pertama debutnya, Tontowi/Della berhasil mencuri poin pertama. Unggul 1-0 langsung disamakan menjadi 1-1 oleh Watanabe/Higashino. Namun, Tontowi/Della bisa kembali unggul hingga 4-2 setelahnya.
Sayangnya, skor kembali tertahan 5-5. Shuttlecock Tontowi yang tersangkut, plus pengamatan kurang jeli dari Della yang membiarkan pukulan lawan masuk, membuat mereka tertinggal 6-8. Kendati begitu sempat membuat kedudukan menjadi ketat 8-8, lalu 9-9, dan 10-10, Tontowi/Della terlihat mulai keteteran
Sebelum interval, smes keras Watanabe membuat pengembalian Della gagal menyebrangi net membuat Tontowi/Della-lah tertinggal 10-11. Keduanya tak bisa lagi mengimbangi permainan Watanabe/Higashino, sementara ganda Jepang itu dengan mudah membobol pertahanan Tontowi/Della yang belum solid.
ADVERTISEMENT
Wakil Indonesia ini pun tertinggal dari 13-16 hingga 15-17. Sejak itu, keran skor Tontowi/Della tertutup dan saat tertinggal 15-20. Shuttlecock Tontowi yang tersangkut di net memastikan skor tertinggal 15-21 di gim pertama.
Pada gim kedua, Tontowi/Della lebih dulu mendapat poin ketika shuttlecock Higashino menyambar net dan jatuh di bidang sendiri. Keunggulan 1-0 itu cepat disamakan buah poin dari kesalahan Della.
Di menit-menit awal gim kedua ini, skor masih ketat hingga 3-3. Namun, Watanabe/Higashino mudah menguasai permainan, sementara Tontowi/Della yang banyak melakukan kesalahan sehingga membuat mereka tertinggal 3-7.
Tontowi/Della berusaha bangkit. Hanya saja, Della terlihat kesulitan menghadapi reli panjang yang kerap terjadi. Skor kemudian berubah menjadi 5-10. Lalu, satu pukulan Della yang keluar memastikan ia dan Tontowi tertinggal 5-11 di interval gim kedua.
ADVERTISEMENT
Della Destiara Haris dan Rizki Amelia Pradipta di Turnamen Bulu Tangkis Blibli Indonesian Open 2018
Pebulu tangkis Indonesia Della Destiara Haris dan Rizki Amelia Pradipta pada Turnamen Bulu Tangkis Blibli Indonesian Open 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (3/7). (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Usai jeda, Tontowi/Della masih kesulitan menemukan ritme bermain. Tak banyak serangan yang dilancarkan, sementara Watanabe/Higashino mudah membobol pertahanan mereka. Tontowi/Della kemudian tertinggal dari 8-14 ke 8-18.
Watanabe/Higashino mengunci match point 20-9 ketika pukulan Tontowi melebar jauh ke samping lapangan. Hingga akhirnya, pukulan Watanabe yang masuk membuat Tontowi/Della dibungkam 21-9 di gim kedua dan membuat ganda 'rookie' ini angkat kaki dari Hong Kong Terbuka 2018.
Berikutnya, duet Tontowi/Della masih lanjut dicoba di Syed Modi International Badminton Championships 2018 di India dan Korea Masters 2018. Keduanya merupakan turnamen Super 300 sekaligus dua turnamen BWF World Tour terakhir sebelum World Tour Finals di Guangzhou.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan