Bola & Sports
·
30 September 2018 18:17

Deretan Prestasi Leani Ratri, Atlet Para-Badminton Juara Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Deretan Prestasi Leani Ratri, Atlet Para-Badminton Juara Dunia (110833)
Atlet Asian Para Games 2018, Leani Ratri. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Di dunia olahraga para-badminton alias bulu tangkis bagi penyandang disabilitas, nama Leani Ratri Oktilla sudah tak asing lagi. Mantan atlet bulu tangkis nasional ini kini menyandang juara dunia para-badminton dan banyak ditakuti lawan.
ADVERTISEMENT
Ratri yang mengenal bulu tangkis sejak usia 7 tahun itu, tak berhenti berjuang meski kini fisiknya tak seperti dulu lagi. Kecelakaan motor tahun 2011 yang membuat kaki kanannya menyusut itu sempat membuatnya patah arang.
Namun perempuan asal Kabupaten Kampar, Riau, ini memilih bangkit. Dia berpindah ke para badminton demi menyalurkan mimpi-mimpi besarnya.
Usaha memang tak pernah mengkhianati hasil. Meski sempat ditentang oleh orang-orang terdekatnya, Ratri tetap berjuang keras meraih prestasi. Di sini dia justru mampu membuktikan cita-citanya hingga meraih gelar juara dunia.
Ratri berhasil melawan stigma dengan prestasi. Dia membungkam keluarga yang sempat malu dan tak tega melihatnya bermain di kelas disabilitas. Kini orang-orang terdekat Ratri mendukung penuh cita-citanya dan membuat perempuan berusia 27 tahun ini semakin bersemangat membela NKRI.
ADVERTISEMENT
Di tahun 2018, Ratri selalu meraih medali emas dalam setiap kejuaraan internasional yang diikutinya. Di tahun 2017, dari 10 medali yang dia rebut, hanya 2 yang gagal meraih emas. Berikut daftar prestasi Ratri di berbagai kejuaraan bergengsi:
2018
1. Raihan Prestasi Leani Ratri, Atlet Para-Badminton Juara Dunia: 3 medali emas di nomor tunggal, ganda putri, dan ganda campuran.
2. Fz Forza Irish Para Open 2018 Irlandia: 3 medali emas di nomor tunggal, ganda putri, dan ganda campuran.
3. Thailand Para-Badminton Internasional 2018: 3 medali emas di nomor tunggal, ganda putri, dan ganda campuran.
2017
1. Thailand Para –Badminton Open: 3 medali emas di nomor tunggal, ganda putri, dan ganda campuran.
ADVERTISEMENT
2. ASEAN Para Games Malaysia: 3 medali emas di nomor tunggal, ganda putri, dan ganda campuran.
3. World Championship Ulsan, Korea: perunggu di nomor tunggal, perak di nomor ganda putri, emas di nomor ganda campuran.
4. Kejurnas Bandung: emas di nomor tunggal.
2016
1. Peparnas Bandung: emas di nomor tunggal, emas di nomor ganda putri, perunggu di nomor ganda campuran.
2. Indonesia Open Surakarta: perak di nomor tunggal, emas di nomor ganda putri, emas di nomor ganda campuran.