Bola & Sports
·
23 November 2020 11:31

Detail Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia: Kapasitas hingga Fasilitas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Detail Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia: Kapasitas hingga Fasilitas (158262)
searchPerbesar
Ilustrasi balapan MotoGP. Foto: Jon Nazca/REUTERS
MotoGP mempertimbangkan Sirkuit Mandalika di Indonesia menjadi salah satu seri di tahun 2021. Pada awal November 2020, ofisial MotoGP mengumumkan bahwa Indonesia masuk dalam daftar cadangan bersama Portimao dan Rusia.
ADVERTISEMENT
Kapan Sirkuit Mandalika benar-benar jadi? Konstruksi Jalan Kawasan Khusus (JKK) mengeklaim bahwa Sirkuit Mandalika akan rampung pada Juni 2021.
Mengutip dari situs web The Mandalika GP, pembangunan konstruksi JKK masih terus berjalan dan sekarang telah memasuki fase lapis perkerasan pada item subbase dan prime coat. Sudah sejauh apa progresnya?
Well, pekerjaan groundwork telah mencapai 87,5%, ground improvement sudah 97,31%, dan progres pembangunan JKK untuk lapis perkerasan telah mencapai 23,77%.
Lantas, bagaimana kira-kira detail Sirkuit Mandalika nantinya? Kapasitas, panjang trek, jumlah tikungan, hingga fasilitas lainnya. Mengutip dari situs web The Mandalika GP, kumparanSPORT sampaikan dalam stori ini.
Detail Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia: Kapasitas hingga Fasilitas (158263)
searchPerbesar
Pembangunan infrastruktur di kawasan Lombok untuk mendukung MotoGP Mandalika. Foto: PUPR

Detail Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia

  • Panjang trek: 4,31 km
  • Jumlah tikungan: 17
  • Paddock Area menaungi 40 garasi
  • Kapasitas Grand Stand Seating mencapai lebih dari 50.000 tempat duduk
  • Non-Seated Area (tribune berdiri) sanggup menampung 138.000 orang
  • Hospitality Suites direncanakan akan berkapasitas 7.700 penonton
ADVERTISEMENT
Perlu diingat, Sirkuit Mandalika bersifat sirkuit jalanan, sehingga akan ada penyesuaian saat sedang tidak ada balapan MotoGP atau event lainnya. Segala fasilitas dan sirkuit berubah fungsi menjadi jalan raya biasa; paddock, Grand Stand Seating, tribune berdiri, Hospitality Suites bersifat sementara.

Fasilitas penunjang lainnya

Detail Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia: Kapasitas hingga Fasilitas (158264)
searchPerbesar
Pembangunan infrastruktur di kawasan Lombok untuk mendukung MotoGP Mandalika. Foto: PUPR
Bicara soal kejuaraan level dunia, macam MotoGP, tentu kita tak cuma bicara tentang sirkuit. Bagaimana dengan penginapan?
Pemerintah sudah memikirkan terkait hal ini. Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, mendorong pembangunan 752 homestay di desa-desa sekitar lokasi sirkuit.
"Februari 2021 bakal dimulai proses pembangunan homestay dan diperkirakan selesai Juni 2021. Selanjutnya langsung digelar promosi di Official Website MGPA," ucap menteri yang akrab disapa Gus Halim itu.
ADVERTISEMENT
Menurut laman web Racing Circuits Info, 11 hotel dengan sekitar 1.900 kamar direncanakan siap di sekitar trek, meski Bali pun diharapkan juga berperan menyediakan sebagian besar akomodasi. Selain itu, Bandara Lombok juga akan dibenahi, landasannya diperpanjang; juga akan ada terminal untuk kapal feri dan kapal berkecepatan tinggi dari Bali ke Lombok.
----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.