kumparan
12 Des 2018 19:11 WIB

Di Laga Perdana Grup B, Hafiz/Gloria Bungkam Juara All England 2018

Pebulu tangkis Indonesia Hafiz Faizal dan Gloria Emanuelle Widjaja pada Turnamen Bulu Tangkis Blibli Indonesian Open 2018 di Istora Senayan. (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Hasil mengejutkan didapatkan oleh pasangan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, pada laga perdana mereka di Grup B BWF World Tour Finals 2018 di Guangzhou, China. Menghadapi ganda asal Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, Hafiz/Gloria berhasil memetik kemenangan.
ADVERTISEMENT
Dikatakan mengejutkan karena Yuta/Arisa merupakan juara All England 2018 dan menduduki peringkat tiga dunia, sedangkan Hafiz/Gloria ada di rangking ke-12. Namun, lewat laga yang berlangsung selama 1 jam 9 menit di Tianhe Gymnasium tersebut, Hafiz/Glroia menyudahi perlawanan pasangan Jepang dalam tiga gim dengan skor 21-18, 16-21, dan 21-18.
Dengan kemenangan ini, Hafiz/Gloria memperbesar kans lolos ke babak semifinal. Namun, untuk mewujudkan itu mereka masih harus melakoni dua laga tersisa di Grup B, melawan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia) dan Wang Yilyu/Huang Dongping (China).
Pada awal gim pertama, Hafiz/Gloria langsung memberi perlawanan sengit kepada Yuta/Arisa. Setelah sempat imbang terus-menerus dari skor 2-2 dan 5-5. Hafiz/Gloria mulai meninggalkan pasangan Jepang dengan unggul 10-5. Meski begitu, saat interval Yuta/Arisa bisa menipiskan poin menjadi 10-11.
ADVERTISEMENT
Laga kembali berjalan ketat selepas interval. Hafiz/Gloria yang sempat unggul 12-10, kembali diimbangi 12-12. Sempat unggul 14-12 kembali, Hafiz/Gloria kembali dikejar dan skor menjadi 15-14. Hingga akhirnya sampai di poin-poin kritis, Hafiz/Gloria bermain lebih tenang dan bisa mengakhiri gim pertama dengan kemenangan 21-18.
Kemenangan di gim pertama memberi kesempatan buat Hafiz/Gloria bermain lebih lepas di gim kedua. Hal ini ditunjukkan dengan berhasilnya mereka unggul 5-0. Meski begitu, Yuta/Arisa perlahan bangkit untuk menipiskan skor menjadi 4-6. Meski begitu, Hafiz/Gloria bisa menutup interval dengan keunggulan 11-5.
Jalannya pertandingan terlihat lancar-lancar saja buat Hafiz/Gloria karena bisa menjauhkan keunggulan menjadi 16-0. Namun, kondisi berubah ketika Yuta/Arisa mulai memperkecil kedudukan jadi 13-16. Setelah ini, keran poin Hafiz/Gloria tertahan di angka 16. Sedangkan, Yuta/Arisa terus mendulang angka untuk membalikkan keadaan dan akhirnya menang 21-16 di gim kedua.
ADVERTISEMENT
Pebulu tangkis Indonesia Hafiz Faizal dan Gloria Emanuelle Widjaja pada Turnamen Bulu Tangkis Blibli Indonesian Open 2018 di Istora Senayan. (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Pada gim penentuan atau ketiga, Hafiz/Gloria dan Yuta/Arisa kembali mempertontonkan laga yang ketat. Jual beli serangan dan saling berbalas angka langsung tersaji, Hafiz/Gloria yang tertinggal 0-2, bisa membalikkan skor menjadi 6-5.
Tapi, lagi-lagi Yuta/Arisa bisa merespons kebangkitan ini dengan menahan keran poin Hafiz/Gloria untuk berbalik menutup interval dengan keunggulan 11-9. Beruntung bagi Hafiz/Gloria, perubahan strategi mereka selepas interval berbuah manis, dengan berhasil membalikkan skor jadi 13-11.
Kendati begitu, permainan Hafiz/Gloria terus diimbangi oleh Yuta/Arisa sehingga kedudukan sempat imbang 16-16, kemudian berbalik untuk keunggulan pasangan Jepang 18-16. Di kondisi kritis ini, Hafiz/Gloria menunjukkan penampilan ciamik dengan merapatkan pertahanan mereka.
Serangan Yuta/Arisa yang terus-menerus mental, pada akhirnya kerap membikin mereka melakukan kesalahan sendiri. Dari kondisi ini, Hafiz/Gloria bisa berbalik unggul 19-18 dan akhirnya menuntaskan perlawanan Yuta/Arisa dengan kemenangan 21-18.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan