Bola & Sports
·
19 Maret 2021 13:11

Dokter Ungkap Aprilia Manganang Mulai Pertanyakan Gendernya Sejak SMP

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Dokter Ungkap Aprilia Manganang Mulai Pertanyakan Gendernya Sejak SMP (768750)
searchPerbesar
Serda Aprilia Santini Manganang ikuti sidang penggantian jenis kelamin dan penggantian nama secara virtual. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Aprilia Manganang sudah resmi menjalani perubahan gender dari perempuan ke laki-laki. Hal itu ditetapkan setelah eks pevoli nasional ini menjalani corrective operation,
ADVERTISEMENT
Sebelum menjalani operasi, Aprilia yang merupakan prajurit TNI AD berpangkat Sersan Dua ini menjalani serangkaian tes kesehatan. Mulai dari psikotes, wawancara, hingga operasi perubahan kelamin.
Bagus Sulistyo Budhi selaku dokter yang menangani Aprilia mengatakan terdapat sekelumit cerita yang disampaikan oleh sang pasien.
''Jadi, Aprilia sedari kecil, sedari lahir, diidentitaskan atau mengidentifikasi diri sebagai perempuan, termasuk keluarga dan lingkungan, dan diri sendiri menganggap dirinya perempuan,'' kata Bagus dalam sidang perubahan nama Aprilia Manganang, Jumat (19/3).
''Sampai SMP, baru dirinya bertanya-tanya terkait dirinya sendiri. Kok dia enggak sama dengan yang lain? Tapi, dia tidak punya kuasa. Sebab, keluarga dan lingkungan mempersepsikan diri sebagai perempuan,'' lanjutnya.
Dokter Ungkap Aprilia Manganang Mulai Pertanyakan Gendernya Sejak SMP (768751)
searchPerbesar
Perubahan Aprilia Manganang. Foto: Instagram/Aprilia Manganang
Aprilia mesti menjalani hidup dengan rasa gelisah. Hingga akhirnya, pada 2021, pria kelahiran 1992 ini menceritakan persoalan yang menimpa dirinya kepada pimpinannya di TNI AD.
ADVERTISEMENT
Alhasil, setelah pemeriksaan dengan data yang ada, Bagus dan tim kedokteran TNI AD mendapatkan hasil. Dari pemeriksaan anatomi biologi, ditambah dengan hasil laboratorium, tim dokter menyatakan bahwa gender Aprilia mengarah ke arah lak-laki.
Setelahnya, Aprilia menjalani operasi perubahan gender. Per Jumat (19/3), ia mendapat kesempatan untuk menjalani persidangan perubahan nama dan gender.
Adapun, kegiatan ini dilakukan di Pengadilan Negeri Tonado, Minahasa, Sulawesi Utara, secara virtual. Aprilia berada di Mabes TNI, Gambir, Jakarta Pusat.
***