kumparan
21 Januari 2020 14:57

Dua Minggu Jelang Tes MotoGP 2020, Cedera Marc Marquez Belum Pulih

Marc Marquez
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. Foto: Toshifumi KITAMURA / AFP
Kondisi fisik Marc Marquez belum sepenuhnya pulih jelang dua pekan tes pra-musim MotoGP 2020 bergulir. Pebalap Repsol Honda itu masih berkutat dengan pemulihan pasca-operasi bahu kanan.
ADVERTISEMENT
Marquez mengalami crash cukup parah ketika menjajal tes MotoGP di Jerez, Spanyol, November 2019. Kecelakaan itu kemudian memaksa Marquez naik meja operasi. Satu tahun sebelumnya, Marquez juga menjalani operasi bahu kiri.
Namun, Marquez menyebut pemulihan cedera bahu kali ini lebih sulit daripada cedera yang didapatkannya di 2018. Dengan kondisi tersebut, Marquez terus berpacu dengan waktu karena tes pramusim MotoGP 2010 akan berlangsung pada 7-9 Februari di Sirkuit Sepang, Malaysia.
"Saya ingin pemulihan cedera saya lebih baik sekarang. Kali ini terasa lebih sulit dan sedikit berat. Tahun lalu saya juga operasi bahu kiri dan pemulihan cederanya terasa berbeda," kata Marquez dilansir situs resmi MotoGP.
"Harusnya tahun ini lebih mudah pemulihannya, tapi ternyata tidak seperti itu. Saya berharap bisa fit untuk tes di Sepang nanti," tutur pemilik enam gelar juara dunia MotoGP itu.
Marc Marquez
Marc Marquez usai memenangi MotoGP San Marino 2019. Foto: REUTERS/Rafael Marrodan
dr. Xavier Mir, dokter spesialis yang menangani Marquez dari operasi hingga rehabilitasi sebelumnya menilai bahwa pebalap berusia 26 tahun ini tidak akan fit 100% saat tes pra-musim. Ia menyebut waktu terbaik untuk pulih maksimal adalah empat bulan.
ADVERTISEMENT
"Saya pikir Marquez akan siap untuk tes di Sepang, meski dia takkan berada di kondisi 100%. Biasanya butuh waktu empat bulan bagi orang biasa untuk pemulihan cedera ini, tapi para pebalap memangkas waktu penyembuhan hingga setengahnya," jelas dr. Mir dilansir GPOne.
Dalam kesibukannya menjalani rehabilitasi cedera, Marquez dijadwalkan datang ke Jakarta pada 4 Februari 2020 untuk mengenalkan motor Repsol Honda di MotoGP 2020. Marquez akan datang bersama rekan anyar yang juga adik kandungnya, Alex Marquez.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan