kumparan
19 September 2019 14:59

Fajar/Rian Lolos ke Perempat Final China Terbuka

Fajar/Rian
Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto. Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak
Ganda Putra Indonesia, Fajar Alfian/Rian Ardianto, berhasil menembus babak perempat final China Terbuka 2019.
ADVERTISEMENT
Bertemu wakil Taiwan, Lu Ching Yao/Yang Po Han, di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium, Changzhou, China, Kamis (19/9/2019) siang WIB, Fajar/Rian menang dengan skor 21-19 dan 21-19.
****
Teriakan "Indonesia! Indonesia!" dari tribune penonton menjadi amunisi tambahan untuk Fajar Alfian/Rian Ardian. Bak mendapatkan energi ekstra, Fajar/Rian tampil sangat agresif sejak awal.
Berkat smash-smash keras, Fajar/Rian berhasil unggul jauh dengan skor 7-3. Sayang, penampilan apik tersebut tak bertahan dengan lama. Banyaknya eror yang dilakukan oleh unggulan ketujuh tersebut membuat Yao/Han berhasil menyamakan kedudukan menjadi 8-8.
Malah, pasangan asal Taiwan itu berhasil unggul dengan skor 10-8. Fajar/Rian memang sempat menyamakan kedudukan menjadi 10-10, tetapi mereka kemudian tertinggal 10-11 pada saat interval.
ADVERTISEMENT
Jeda pertandingan tersebut dimanfaatkan Fajar/Rian dengan baik. Mereka berembuk dan mendapatkan instruksi dari pelatih Herry Iman Pierngadi (Herry IP). Alhasil, performa mereka membaik selepas interval.
Variasi serangan yang apik, plus banyaknya eror dari ganda Taiwan, membuat Fajar/Rian bisa menjauh hingga 18-13. Yao/Han sempat mempertipis skor sampai berselisih satu angka saja. Namun, smash keras Fajar menutup gim pertama dengan skor 21-19.
Ujung dari gim pertama itu menunjukkan bahwa kedua pasangan sama-sama panas. Alhasil, gim kedua berlangung ketat sejak awal. Sempat tertinggal 0-2, Fajar/Rian membalikkan keadaan dan unggul 4-2 atas Yao/Han.
Semestinya, bagian awal dari paruh kedua pertandingan itu sudah cukup untuk membuat Anda menebak apa yang terjadi selanjutnya. Fajar/Rian yang sudah menemukan ritme berhadapan dengan Yao/Han yang mengandalkan agresivitas.
ADVERTISEMENT
Alhasil, skor ketat terjadi berulang kali: 5-5, 11-11, 12-12, lalu 13-13. Fajar/Rian memang kembali tertinggal pada saat interval, tetapi mereka selalu bisa memperbaiki penampilan begitu jeda usai.
Cerita kemudian berjalan serupa dan hampir mirip deja vu: Fajar/Rian mendapatkan keunggulan selepas jeda, tetapi Yao/Han mengejar. Beruntung buat Fajar/Rian, Yao/Han masih saja melakukan eror.
Fajar/Rian pun unggul 18-15. Mereka berada di atas angin. Puncaknya, smash keras dari Fajar membuat pasangan Indonesia tersebut menang 21-19 pada gim kedua.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan