kumparan
search-gray
Bola & Sports2 Juni 2020 18:50

Formula 1 2020 Mulai 3 Juli, Austria Jadi Tuan Rumah Perdana

Konten Redaksi kumparan
Formula 1 2020 Mulai 3 Juli, Austria Jadi Tuan Rumah Perdana (869752)
Charles Leclerc dan Lewis Hamilton saling kejar-mengejar di Formula 1 GP Italia. Foto: Reuters/Massimo Pinca
Formula 1 pada Selasa (2/6/2020) sore WIB resmi mengumumkan delapan seri pembuka musim 2020 beserta jadwalnya. Pada dua seri pertama, Austria akan menjadi tuan rumahnya.
ADVERTISEMENT
Seharusnya, F1 2020 sudah dimulai sejak Maret. Akan tetapi, pandemi virus corona membuat rencana itu berantakan. Sejumlah tuan rumah—Australia, Belanda, Monako, dan Prancis—bahkan sudah resmi menarik diri.
Total, pada musim 2020 ini semestinya ada 22 seri balapan di 22 negara berbeda. Namun, karena pandemi, baru enam negara yang siap menjadi tuan rumah.
Enam negara yang dimaksud adalah Austria, Hongaria, Britania Raya, Spanyol, Belgia, dan Italia. Austria dan Britania Raya masing-masing akan menggelar dua seri.
Balapan perdana Formula 1 2020 akan dilangsungkan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada 3-5 Juli dengan tajuk Grand Prix Austria. Sepekan kemudian, balapan bertajuk Grand Prix Styria akan dihelat di tempat yang sama.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, balapan akan bergeser ke Hongaria, tepatnya di Sirkuit Hungaroring. Balapan ini dijadwalkan berlangsung pada 19 Juli.
Dari Hongaria, F1 menyeberang ke Britania Raya. Sirkuit Silverstone akan menjadi tuan rumah GP Britania pada 31 Juli-2 Agustus serta GP Ulang Tahun Ke-70 pada 7-9 Agustus.
Sesudahnya, giliran Spanyol yang akan menggelar GP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya pada 14-16 Agustus. Selang 12 hari, balapan berpindah ke Sirkuit Spa-Francorchamps di Belgia.
Sementara ini, GP Italia di Sirkuit Monza pada 4-6 September masih menjadi seri terakhir yang sudah terjadwal. Akan tetapi, F1 masih optimistis bahwa mereka bisa menggelar 15-18 seri di musim 2020.
Bahrain, Vietnam, China, Azerbaijan, Kanada, Singapura, Rusia, Jepang, Amerika Serikat, Meksiko, Brasil, dan Uni Emirat Arab sampai sejauh ini belum menyatakan mundur.
ADVERTISEMENT
Jika memang ada 15-18 balapan yang akan digelar, Formula 1 2020 diproyeksikan selesai pada Desember. Namun, jika tak ada balapan lagi pun, musim 2020 sudah sah karena syarat minimum 8 seri telah terpenuhi.
-----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white