Bola & Sports17 Juni 2020 15:04

Formula 1 Tak Akan Paksakan Balapan Dihadiri Penonton

Konten Redaksi kumparan
Formula 1 Tak Akan Paksakan Balapan Dihadiri Penonton (237139)
Formula 1 GP Abu Dhabi. Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed
Formula 1 sudah mengumumkan jadwal delapan seri awal balapan musim 2020. Semua balapan itu digelar di Eropa. Seri perdana bakal berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada 5 Juli.
ADVERTISEMENT
Berkurangnya balapan musim ini disebabkan pandemi virus corona. Formula 1 juga sudah membuat protokol medis yang salah satunya mengurangi jumlah personel di garasi tiap tim.
Awal Juni 2020, CEO F1, Chase Carey, memaparkan kemungkinan balapan dihadiri penonton pada musim gugur atau akhir September. Namun, Managing Director F1, Ross Brawn, menegaskan takkan memaksakan balapan dibuka untuk penonton.
"Kami tak akan terburu-buru. Kami optimistis untuk balapan di Eropa, tetapi tak ingin merencanakan balapan dihadiri penonton. Mungkin kalau bisa mengadakan balapan di luar Eropa, kami bisa menghadirkan penonton. Itu pun tidak ada jaminan," kata Brawn dilansir Motorsport.
"Yang terpenting saat ini adalah menggelar balapan yang aman. Kehadiran para penonton memang sangat penting bagi kami untuk membentuk atmosfer."
ADVERTISEMENT
"Akan tetapi, kami tidak ingin masalah di satu negara (karena memaksakan gelar balapan dengan penonton) menghambat kami untuk menggelar balapan selanjutnya. Karena itu, kami akan menyusun rencana secara bertahap," jelas Brawn.
Formula 1 Tak Akan Paksakan Balapan Dihadiri Penonton (237140)
Suasana Grand Prix Formula 1 China 2019. Foto: Reuters/Amy Song
Formula 1 masih optimistis bisa menggelar 15-18 seri di musim 2020. Jika jumlah tersebut bisa direalisasikan, musim ini diproyeksikan selesai pada Desember.
Bahrain, Vietnam, China, Azerbaijan, Kanada, Singapura, Rusia, Jepang, Amerika Serikat, Meksiko, Brasil, dan Uni Emirat Arab sampai sejauh ini belum menyatakan mundur.
Brawn tak menutup kemungkinan Formula 1 berupaya menggelar balapan di luar Eropa. Namun, ia menegaskan akan lebih dulu fokus menjalankan delapan seri yang telah dijadwalkan.
"Situasinya berbeda di seluruh dunia. Saya pikir fakta bahwa kami bisa menggelar delapan balapan pertama secara tertutup bisa memberi kami peluang untuk menggelar balapan selanjutnya," jelas Brawn.
Formula 1 Tak Akan Paksakan Balapan Dihadiri Penonton (237141)
Urutan pebalap sesaat setelah start GP Spanyol 2019. Foto: REUTERS/Albert Gea
"Ajang tanpa penonton tak ideal untuk olahraga apa pun karena penggemar adalah bagian penting. Akan tetapi, menggelar dan menyiarkan balapan serta berusaha melibatkan para penggemar walau mereka tak bisa menonton secara langsung jauh lebih baik daripada tidak sama sekali."
ADVERTISEMENT
"Paruh pertama musim ini akan berlangsung di Eropa. Namun, kami yakin bisa menyelesaikan musim di Bahrain atau Abu Dhabi," pungkas Brawn.
====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white