kumparan
13 September 2019 20:46

FP2 MotoGP San Marino: Giliran Vinales Tercepat, Quartararo Kedua

Maverick Vinales
Pebalap Yamaha, Maverick Vinales. Foto: JOSE JORDAN/AFP
Fabio Quartararo menunjukkan bahwa ia punya kans bagus untuk menjadi juara MotoGP San Marino atau setidaknya menempati pole position pada balapan Minggu (15/9/2019) nanti. Namun, boleh jadi perjuangannya tidak akan mudah.
ADVERTISEMENT
Sejak tes di Sirkuit Misano --tempat MotoGP San Marino berlangsung-- Quartararo memang tampak menjanjikan. Ia menyebut, timnya, Petronas Yamaha SRT, berhasil menemukan set-up yang tepat untuknya. Terbukti, ia tidak asal bicara. Pada sesi latihan bebas perdana MotoGP San Marino, Quartararo tampil sebagai pebalap tercepat.
Namun, ia bukanlah satu-satunya pebalap Yamaha yang tampak menjanjikan menjelang bergulirnya balapan. Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, juga demikian. Setelah menempati posisi ketiga pada latihan bebas perdana, Vinales malah tampil sebagai pebalap tercepat pada latihan bebas kedua.
Vinales membuat catatan waktu 1:32,775 detik pada sesi yang berlangsung Jumat (13/9) malam WIB tersebut. Ia unggul 0,057 detik atas Quartararo, yang sempat kesulitan dan beberapa kali mengalami slip. Beruntung, Quartararo tak sampai tergelincir.
ADVERTISEMENT
Sebaliknya, Vinales menunjukkan bahwa settingan motor Yamaha-nya cukup menjanjikan. Dengan ban soft, pebalap asal Spanyol tersebut menghadapi sesi latihan bebas ketiga dan kualifikasi, Sabtu (14/9), dengan optimisme.
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menempati posisi ketiga. Ia menorehkan catatan waktu 1:33,529 detik. Marquez berselisih 0,396 detik dari catatan waktu yang ditorehkan oleh Vinales.
Oh, ya, para pebalap Yamaha (termasuk yang berasal dari tim satelit) memperlihatkan performa apik pada latihan bebas kedua ini. Selain, Vinales dan Quartararo, ada juga Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) yang menempati lima besar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan