kumparan
7 Sep 2019 18:39 WIB

FP3 GP Italia: Vettel Tercepat, Ferrari Sapu Bersih Latihan Bebas

Sebastian Vettel saat melakoni sesi latihan bebas GP Italia. Foto: REUTERS/Francois Lenoir
Ferrari tidak akan setengah-setengah di Formula 1 GP Italia 2019. Ini rumah sendiri. Mereka datang ke Sirkuit Monza dengan misi memutus tren buruk.
ADVERTISEMENT
Tercatat kali terakhir pebalap Ferrari yang mampu menaiki podium pertama di Sirkuit Monza adalah Fernando Alonso pada musim 2010. Artinya, sudah delapan musim lamanya Ferrari mendulang kemenangan di lintasan sepanjang 5,7 kilometer itu.
Kabar baik datang menghampiri kubu Ferrari. Memang tidak ada jaminan bakal bertahan lama, sih, tetapi cukup menjanjikan. Setelah Charles Leclerc menjadi pebalap tercepat pada latihan bebas perdana (FP1) dan kedua (FP2), giliran Sebastian Vettel jadi yang mengantongi status itu di akhir latihan bebas ketiga (FP3).
Catatan waktu 1 menit 20,294 detik pada Sabtu (7/9/2019) menjadi penyebab mengapa Vettel boleh berharap banyak di lintasan balap nanti. Namun, jangan lupakan pula sesi kualifikasi yang juga bakal digelar. Pole position memang tidak menjamin apa pun, tetapi jika keuntungan bisa diraih, kenapa tidak?
ADVERTISEMENT
Yang menutup FP3 sebagai pebalap tercepat kedua adalah Max Verstappen. Penggawa Red Bull Racing ini mengemas catatan waktu 1 menit 20,326 detik. Menutup tiga besar, ada Valtteri Bottas yang mengamankan torehan waktu terbaik 1 menit 20,403 detik.
Lewis Hamilton dan Bottas memulai FP3 dengan ban berbeda. Jika Hamilton menggunakan kompon soft, Bottas memakai medium. Pilihan ini bukan tanpa alasan. Mercedes sepertinya perlu mengevaluasi ban macam apa yang lebih tepat untuk digunakan di trek kering Sirkuit Monza.
Ngomong-ngomong soal performa penggawa Ferrari di FP3, keduanya tampil kompetitif sejak awal. Vettel yang melintas lebih dulu mencatatkan waktu terbaik 1 menit 20,661 detik.
Leclerc jelas tak mau kalah. Ia merespons pencapaian sang senior dengan catatan waktu lebih cepat 0,159 detik dan menjadi pebalap tercepat sementara.
ADVERTISEMENT
Vettel tahu benar bahwa ini menjadi kesempatan terakhirnya sebelum berpacu di sesi kualifikasi. Upayanya berhasil, catatan waktu 1 menit 20,331 detik berhasil dibuat. Untuk sementara, ia berhasil mengungguli Leclerc.
Pebalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc. Foto: REUTERS/Thaier Al-Sudani
Pada akhirnya, Leclerc terlempar dari empat besar. Perlawanan sengit Bottas dan Verstappen hampir di ujung sesi memastikan ia mesti jadi pebalap tercepat keempat di FP3. Uniknya, Leclerc dan Bottas mencatatkan waktu 1 menit 20,403 detik. Kalau sudah begini, perbedaannya berarti sangat tipis, entah di digit ke berapa.
Para pebalap Formula 1 akan melakoni sesi kualifikasi pada Sabtu (7/9/2019) pukul 20.00 WIB. Sesi balapan akan digelar pada Minggu (8/9/2019) pukul 20.10 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan