Bola & Sports
·
21 September 2020 17:59

Gagal Raih Podium, Fabio Quartararo Salahkan Race Director

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gagal Raih Podium, Fabio Quartararo Salahkan Race Director (69997)
Pebalap MotoGp Fabio Quartararo di Sirkuit Jerez, Spanyol. Foto: Marcelo Del Pozo/REUTERS
Fabio Quartararo gagal naik podium setelah terkena Long Lap Penalty di sisa balapan MotoGP seri Emilia Romagna pada Minggu (20/9). Wajar apabila ia lalu mempertanyakan keputusan tersebut dan lantas menyalahkan Race Director.
ADVERTISEMENT
Quartararo awalnya melewati batas trek Sirkuit Misano di lap akhir. Pebalap tim Petronas Yamaha itu lantas dikenai hukuman long lap penalty karena sudah lima kali melewati batas hijau alias keluar jalur ketika balapan.
Kendati begitu, ia tidak mengindahkan hukuman tersebut di sisa balapan. Sebagai gantinya, catatan waktu Quartararo pun ditambah 3 detik, menjadi 42 menit 2,265 detik.
Hasil itu lebih lambat dari Pol Espargaro, yang mencatat waktu 42 menit 0,374 detik. Dengan begitu, Espargaro berhasil mencatat podium pertamanya musim ini.
Quartararo lantas terlihat sangat gusar ketika balapan selesai. Ia langsung melengos masuk ke paddock dan tidak melihat prosesi di podium.
Wajar apabila Quartararo gusar. Selain karena ia tak bisa meraih podium, ia gagal merebut pucuk klasemen sementara yang ditempati oleh Andrea Dovizioso.
Gagal Raih Podium, Fabio Quartararo Salahkan Race Director (69998)
Pebalap MotoGp Fabio Quartararo di Sirkuit Jerez, Spanyol. Foto: Marcelo Del Pozo/REUTERS
“Race Direction tidak memperingatkan saya mengenai hukuman itu. Wajar apabila saya kaget terkait hukuman itu (Long Lap Penalty),” tutur Quartararo, dilansir Crash.
ADVERTISEMENT
Quartararo sendiri mengatakan sudah mengecek dashboard motornya sampai 10 kali tiap balapan. Oleh karena itu, pebalap 21 tahun tersebut sangat paham apabila ada lampu oranye yang berkedip sebagai tanda peringatan.
“Saya memang salah ketika balapan. Tetapi, Race Director seharusnya memberi tahu saya kesalahan tersebut, “ pungkas Quartararo.
----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Penulis: FM Aditomo