kumparan
13 Juni 2019 19:49

GP Catalunya: Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi Beradu Rapor

Balapan MotoGP di Circuit de Barcelona-Catalunya. Foto: Dok. Twitter @Circuitcat_eng
Dari 19 agenda MotoGP 2019, Spanyol punya empat kalender yang berlangsung di tanahnya. Salah satunya adalah GP Catalunya di Montmelo.
ADVERTISEMENT
Di sana, berdiri Circuit de Barcelona-Catalunya yang rutin menggelar GP Catalunya sejak 1995. Tahun ini, sirkuit yang diresmikan pada 1991 ini menjadi tuan rumah MotoGP seri ketujuh.
Ada apa di GP Catalunya?
Selain sejarah sebagai salah satu sirkuit standar di dunia balap motor, letaknya di kawasan Barcelona yang identik dengan arsitektur menarik juga memberikan warna tersendiri.
Situsweb resmi MotoGP pun melabeli pesona Barcelona dengan makanan, bangunan, pantai, gunung, dengan iklim Mediterania sebagai kombinasi sempura untuk pekan balap.
Nah, sebelum menyambut GP Catalunya 2019 mulai Jumat (14/6/2019) hingga race pada Minggu (16/6) pukul 19:00 WIB, simak fakta dan data di grand prix warna-warni ini.
1. Grand Prix Paket Lengkap
ADVERTISEMENT
Well, selain berstatus destinasi wisata karena letaknya di Barcelona, GP Catalunya juga memanjakan para penggemar balap dengan adanya 16 layar raksasa di setiap stand.
Circuit de Barcelona-Catalunya juga menawarkan internal radio broadcast service sepanjang race yang tersedia dalam bahasa Spanyol dan Catalunya.
Grandstand utama, yang mampu menampung 5.000 penonton, menggandakan kapasitasnya pada 2002. Sebanyak 10.000 ribu penonton pun siap menjadi saksi adu cepat para rider dan kuda besinya di grandstand yang terletak di zona 'Fan'.
Tahun ini, semarak GP Catalunya makin terasa spesial bersamaan perayaan 70 tahun usia MotoGP si kelas balap motor paling prestisius.
2. Profil Sirkuit
Circuit de Barcelona-Catalunya terletak 25 km di utara Barcelona. GP Catalunya adalah rumah bagi nama besar seperti Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, Aleix dan Pol Espargaro, hingga mantan rider MotoGP, Dani Pedrosa.
ADVERTISEMENT
Treknya membentak sepanjang 4,6 km dengan total 14 tikungan yang terdiri dari enam tikungan kiri dan delapan tikungan kanan.
Selama melahap 24 lap saat balapan berlangsung, para pebalap akan melaju di trek lurus terpanjang sejauh 1,047 km.
Setelah dibuka pada September 1991, di bulan yang sama Circuit de Barcelona-Catalunya lebih dulu menggelar balap Formula 1.
Balap motor baru tersaji di Circuit de Barcelona-Catalunya pada 1992 dengan nama European Motorcycle Grand Prix sebelum berganti jadi GP Catalunya tiga tahun kemudian.
3. Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo Berbagi Kuasa
Meski menjadi rumah bagi para pebalap asal Negeri Matador, status pemenang terbanyak di GP Catalunya disegel oleh bintang balap Italia, Valentino Rossi.
ADVERTISEMENT
Sejak era MotoGP, 'The Doctor' menang enam kali pada 2002, 2004, 2005, 2006, 2009, dan 2016. Pebalap lokal, Jorge Lorenzo, mengekor dengan catatan lima kemenangan.
Sementara Marc Marquez dan Dani Pedrosa, ikon balap Spanyol lainnya, baru satu kali menang di GP Catalunya.
Termasuk kemenangannya, pemilik tujuh gelar MotoGP ini juga menjadi pebalap tersukses di Top 3 dengan catatan 12 podium. Dengan kesuksesannya itu, Rossi mengoleksi 307 poin dari penampilannya di GP Catalunya.
Menyusul adu torehan poin, Jorge Lorenzo mendulang 191 poin selama mengaspal di Circuit de Barcelona-Catalunya. Meski teraput jauh, itulah hasil poin terbanyak kedua setelah Rossi.
Lorenzo pun tak bisa dianggap remeh di rumahnya. Rider Mallorca ini mengimbangi Rossi soal catatan pole terbanyak dengan tiga pole positions. Di catatan laps led, Lorenzo unggul dengan 137 kali.
ADVERTISEMENT
4. Yamaha Melesat di Catalunya
Catatan manis Valentino Rossi di GP Catalunya ikut disokong motor YZR-M1 andalan Yamaha yang dipakainya sejak 2004.
Ya, di GP Catalunya, pabrikan asal Jepang itu menang sembilan kali sekaligus yang terbanyak. Honda dan Ducati sama-sama baru empat kali merasakan kemenangan di Catalunya.
Tahun lalu, Rossi start dari posisi tujuh dan finis ketiga. Di podium tertinggi, ada Jorge Lorenzo yang finis tercepat dengan Desmosedici-nya sekaligus mencetak circuit record lap.
Podium GP Catalunya 2018 di Circuit de Barcelona-Catalunya. Foto: Dok. Twitter @Circuitcat_eng
5. Momen Ikonik Ducati di GP Catalunya
Pada 15 Juni 2003, Loris Capirossi merayakan kemenangan pertamanya bersama Ducati di kelas balap premier.
Fakta menarik lainnya, skuat asal Bologna itu dua tahun terakhir menang di GP Catalunya, setelah lebih dulu melakukannya di Italia, seri sebelum Catalunya.
ADVERTISEMENT
Andrea Dovizioso melakukannya pada 2017, diikuti kesuksesan Jorge Lorenzo di GP Italia dan Catalunya 2018.
Musim ini, Danilo Petrucci, rider anyar tim pabrikan Ducati, sudah memenangi GP Italia 2019 (juga terasa spesial sebagai kemenangan pertamanya di MotoGP). Apakah Ducati bisa mencetak hat-trick lucky charm di Catalunya? Menarik untuk ditunggu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan