kumparan

GP Italia: Unggul 36 Poin atas Vinales, Marquez Tetap Membumi

Marc Marquez
Marquez usai menyelesaikan balapan. (Foto: JUAN MABROMATA / AFP)
Puasa kemenangan di dua seri awal MotoGP musim 2018 tidak membuat Marc Marquez patah arang. Upaya keras untuk mengembalikan performa terbaik akhirnya berbuah manis dengan meraih podium pertama saat Grand Prix (GP) ketiga di Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Semenjak meraih kemenangan perdananya, Marquez terus tampil superior dan memenangi dua seri balapan selanjutnya di GP Spanyol dan Prancis. Berkat tiga kemenangan di lima seri yang sudah berjalan, Marquez kini menempati posisi pertama klasemen pebalap.
Pria asal Spanyol tersebut mengoleksi 95 poin, unggul 36 angka dari Maverick Vinales di posisi kedua. Selisihnya kian jauh dengan Andrea Dovizioso, yang turun ke posisi sembilan dengan 46 poin. Oleh karena itu, apa pun hasil yang didapatkan Marquez pada GP selanjutnya di Italia, tak akan mengganggu posisinya di puncak.
Marquez sendiri punya catatan apik saat membalap di atas Sirkuit Mugello. Di lintasan sepanjang 5,2 kilometer tersebut, Marquez menorehkan kemenangan perdanannya di balapan profesional saat berada di kelas 125cc pada 2010. Secara keseluruhan, Marquez berhasil menang pada semua kelas balapan di Mugello; MotoGP 2014, Moto2 2011, dan 125 cc 2010.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Marquez dua kali meraih pole position di Mugello dan pada tes pribadi di Mugello yang berlangsung 11 Mei lalu, Marquez mencatatkan waktu tercepat. Segala catatan tersebut tentu tak menguntungkan buat para rival Marquez yang tengah berupaya mengganggu dominasinya.
Di lain sisi, pebalap Repsol Honda ini punya keuntungan secara catatan statistik yang membuat kepercayaan dirinya menanjak menjelang GP Italia. Namun, Maruqez tak mau kelewat jemawa dengan hasil apik di musim balap yang baru berjalan enam seri.
"Sangat bagus berangkat ke Mugello dengan keunggulan di papan klasemen, tetapi ini masih di awal-awal musim. Semua pebalap sangat rapat, kami masih harus menjejak bumi dengan kedua kami. Sebelum balapan di GP Prancis, kami melakukan tes di Mugello dan kami bisa cepat serta konsisten," kata Marquez seperti dilansir oleh Speedweek.
ADVERTISEMENT
"Tentu saja hal-hal ini adalah kondisi yang bagus, tapi kami harus menunggu dan melihat situasi apa yang akan dihadapi saat balapan berlangsung. Yang perlu diperhatikan adalah masalah ban, setelan motor, dan suhu di lintasan nanti. Suhu lintasan kemungkinan akan lebih tinggi daripada ketika tes," pungkasnya.
Rangkaian GP Italia bakal dimulai pada latihan bebas pertama, Jumat (1/6/2018), dan balapan utamanya berlangsung, Minggu (3/6) mulai pukul 19:00 malam WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan