kumparan
Bola & Sports12 Juni 2018 4:39

Harga Tiket Asian Games untuk Warga Asing Bakal Lebih Mahal

Konten Redaksi kumparan
Turis China
Turis China. (Foto: Antara)
Asian Games 2018 Jakarta-Palembang segera dibuka pada 18 Agustus 2018 mendatang. Menjelang multievent 45 negara Asia itu, Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) telah mengumumkan harga tiket, yakni mulai Rp 30 ribu hingga Rp 100 ribu.
ADVERTISEMENT
Nominal tersebut tidak berlaku buat Warga Negara Asing (WNA) yang mendapatkan harga lebih mahal untuk menyaksikan pertandingan di Indonesia. Bekerja sama dengan kiosTix, INASGOC memang menargetkan kenaikan signifikan untuk warga asing yang membeli via online.
Penjualan tiket online bisa diakses dan dibeli mulai 30 Juni mendatang. Sementara alokasi untuk tiket on the spot yang dijual di masing-masing venue cabang olahraga masih belum bisa diumumkan saat konferensi pers, Senin (11/6/2018).
"Untuk harga bagi warga asing kenaikannya 20% lebih mahal. Untuk perbedaan jumlah tiket yang dijual online dan offline masih belum bisa disebut," ucap CEO kiosTix, Ade Sulistioputra di Kantor Pusat INASGOC, Senayan.
Ditemui dalam acara yang sama, Ketua INASGOC, Erick Thohir, berujar bahwa penjualan tiket kepada National Olympic Committee (NOC) alias KOI masing-masing negara akan lebih dulu dilakukan.
ADVERTISEMENT
Replika tiket Asian Games
Penampilkan replika tiket Asian Games. (Foto: Karina Nur Shabrina/kumparan)
"Kalau untuk opening ceremony akan berbeda, pasti lebih mahal dari pertandingan. Pertandingan pun bervariasi misal antara perempat final hingga final berbeda. Kemudian proses masuk venue juga ada standarnya merujuk event olahraga internasional," ucap Erick.
"Di opening pasti ada sistem keamanan khusus. Undangan juga akan memegang tiket. Akan banyak undangan dari berbagai negara, ada kapasitasnya sendiri dengan kursi tambahan di venue. Saat ini kami prioritas untuk KOI dulu, ada hak khusus dan harus dikejar sekarang sebelum 30 Juni untuk umum," katanya mengimbuhkan.
Replika tiket Asian Games 2018
Replika tiket Asian Games 2018. (Foto: Karina Nur Shabrina/kumparan)
Tiket yang termasuk asuransi itu sendiri berjenis termal dan replika telah diperkenalkan dalam konferensi pers pertama. Contoh tiket berwarna dominasi putih dengan ilustrasi cabang olahraga dengan background merah.
ADVERTISEMENT
Di atas, tertera tanggal serta jam dimulai event dan entry code. Di bagian tengah disebut cabang olahraga yang dipilih serta tempat pertandingan. Selain itu ada keterangan gerbang, blok, baris, kursi, dan harga. Di pojok kanan bawah terdapat barcode sebagai sistem masuk.
Asian Games sendiri akan dibuka pada 18 Agustus di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Konsep opening ceremony akan mengusung kolosal dengan tema ragam budaya lokal yang menunjukkan kesiapan Indonesia untuk maju dan menjadi 'Energy of Asia' lewat Asian Games ke-18 ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan