kumparan
search-gray
Bola & Sports1 Agustus 2020 18:10

Hasil FP3 F1 GP Inggris: Bottas Tercepat, Hamilton Menguntit

Konten Redaksi kumparan
Hasil FP3 F1 GP Inggris: Bottas Tercepat, Hamilton Menguntit (148201)
Valtteri Bottas di sesi latihan bebas pertama GP Jepang 2019. Foto: Issei Kato
Valtteri Bottas mencatatkan waktu tercepat dalam sesi latihan bebas ketiga (FP3) F1 GP Inggris dengan 1 menit 25,873 detik.
ADVERTISEMENT
Dalam sesi yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Sabtu (1/8), Bottas mengalahkan catatan waktu rekan setimnnya asal Mercedes, Lewis Hamilton, yang harus puas berada di peringkat kedua dengan selisih 0,138 detik.
Hasil FP3 ini diprediksi akan membuat pertarungan memperebutkan pole position akan semakin seru dengan mengerucut kepada Bottas dan Hamilton.
Dalam sesi ini, pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, mencatatkan waktu pertamanya dengan 1 menit 29,562 detik. Catatan waktu dari juara dunia empat kali itu masih tertinggal dari Kimi Raikkonen dengan 1 menit 29,161 detik yang membawanya sementara berada di urutan teratas.
Meski demikian, Carlos Sainz mampu melibas dua catatan waktu duo Ferrari tersebut dengan 1 menit 28,539 detik dan memperbaikinya menjadi 1 menit 28,261 detik, unggul 0,2 detik dari Raikkonen.
ADVERTISEMENT
Catatan waktu tercepat kembali mengalami perubahan setelah Valtteri Bottas menginjak pedal gasnya. Pebalap Mercedes ini lebih cepat 1,1 detik dari Sainz.
Namun, posisi teratas yang diduduki Bottas hanya sekejap menyusul mengaspalnya Hamilton. Sang jawara bertahan unggul 0,3 detik dari Bottas yang kemudian diperlebarnya menjadi 0,5 detik dengan catatan waktu 1 menit 26,568 detik.
Bottas sejatinya sempat melampaui rekan setimnnya tersebut dengan selisih 0,042 detik. Akan tetapi, Hamilton langsung meresponsnya dengan kembali merebut catatan waktu tercepat dengan 1 menit 26,332 detik, unggul 0,194 detik dari Bottas.
Dengan sisa 20 menit dari berakhirnya sesi, susunan 10 besar adalah Hamilton, Bottas, Verstappen, Norris, Vettel, Stroll, Hulkenberg, Gasly, Leclerc, dan Ocon.
ADVERTISEMENT
Vettel mengeluhkan masalah pada mesinnya. “Ada sesuatu yang tampaknya kendur sekitar pedal rem,” ucapnya.
Di tengah keluhan Vettel, Bottas--dengan pilihan ban soft barunya--kembali menggeser Hamilton. Catatan waktunya melampaui rekan setimnya 0,5 detik.
Hingga berakhirnya sesi, catatan waktu Bottas tak tergoyahkan di posisi teratas. Posisi sepuluh besar pada sesi FP3 ditempati oleh Bottas, Hamilton, Verstappen, Stroll, Sainz, Leclerc, Norris, Ricciardo, Hulkenberg and Gasly.
F1 GP Inggris akan melanjutkan sesinya kepada kualifikasi yang dimulai pada Sabtu (1/8) pukul 20:00 WIB.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white