Bola & Sports
·
17 April 2021 20:56

Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal: Quartararo Start Terdepan, Marquez Keenam

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal: Quartararo Start Terdepan, Marquez Keenam (11228)
Pebalap Yamaha Petronas, Fabio Quartararo. Foto: RASFAN / AFP
Fabio Quartararo akan start paling depan di MotoGP Portugal 2021. Hal itu dipastikan usai pebalap asal Italia itu menjadi yang tercepat di babak kualifikasi yang digelar Sabtu (17/4) Malam WIB di Sirkuit Portimao, Portugal.
ADVERTISEMENT
Posisi kedua diisi oleh Alex Rins dan di posisi ketiga ada Johan Zarco. Sementara, Marquez akan start dari posisi keenam pada balapan besok.

Jalannya Q1 MotoGP Portugal

Kualifikasi 1 diisi oleh pebalap-pebalap tangguh seperti Marc Marquez dan Valentino Rossi. Menariknya, juara dunia musim lalu, Joan Mir juga bersaing di Q1 kali ini.
Mereka akan berebut dua tempat di Q2 nantinya. Joan Mir langsung tancap gas. Pebalap asal Spanyol itu langsung jadi yang tercepat.
Sementara, Pol Espargaro membuntutinya dengan selisih 0,083 detik saja.
Sementara, Marquez ada di posisi kesembilan pada awal-awal Q1. Marquez akhirnya panas.
Motornya dipacu hingga ia bisa menjadi yang tercepat. Marquez langsung memimpin dengan waktu 1 menit 39 detik. Unggul dari Joan Mirr yang ada di posisi kedua dengan beda waktu 0,146 detik.
ADVERTISEMENT
Posisi Valentino Rossi di Q1 ini juga cukup lumayan. The Doctor menempati posisi ketujuh di belakang Bastianini dan Espargaro.
Marquez tampil cukup konsisten di depan. Ia terus menjaga jarak dengan Joan Mir yang ada di belakangnya.
Hasil Q1 MotoGP Portugal: M.Marquez, Mir, A.Marquez, P.Espargaro, Binder, Bastianini, Rossi, Petrucci, Lecuona, Savadori.

Jalannya Q2 MotoGP Portugal 2021

Pada Q2 kali ini, Aleix Espargaro sempat menjadi yang tercepat. Catatan waktu pebalap asal Spanyol itu mencapai 1 menit 39 detik.
Namun, posisi Espargaro di depan tak berlangsung lama. Sebab, Fabio Quartararo kembali menjadi yang tercepat.
Posisi Quartararo dibuntuti oleh Francesco Bagnaia. Mereka berdua hanya terpaut 0,117 detik. Di tempat ketiga ada Joan Mir, sedangkan Espargaro menempati posisi keempat.
ADVERTISEMENT
Enam menit terakhir, posisi berubah. Kali ini Morbidelli yang membuntuti Quartararo. Lalu, ada Joan Mir yang ada di posisi ketiga.
Menariknya, Marquez belum turun di Q2 kali ini. Cedera lengan yang dideritanya sepertinya kambuh membuatnya harus istirahat sejenak.
Namun, di tiga menit sebelum Q2 rampung, Marquez baru turun gelanggang. Tak main-main, Marquez langsung menempati posisi ketiga saat Q2 menyisakan dua menit lagi. Marquez berada di belakang Jack Miller.
Akan tetapi, posisi kembali berubah. Kali ini Zarco yang menempati posisi kedua. Sementara Marquez ada di posisi keempat.
Drama terjadi saat kualifikasi hampir rampung. Bagnaia sebenarnya bisa menjadi yang tercepat di Q2 kali ini.
Namun, Bagnaia melakukan pelanggaran sehingga tak mendapat pole position esok hari. Pebalap asal Italia itu akan start dari posisi 11.
ADVERTISEMENT
Keuntungan pun jatuh ke Quartararo. Ia akan start terdepan di balapan besok.
Hasil Q2 MotoGP Portugal: Quartararo, Rins, Zarco, Miller, Morbidelli, M.Marquez, A.Espargaro, Marini, Mir, Oliveira, Bagnaia, Vinales.