kumparan
17 November 2018 16:28

Hong Kong Terbuka: Fajar/Rian Kandas di Tangan Ganda Jepang

Fajar/Rian di Hong Kong
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di babak pertama Hong Kong Terbuka 2018. (Foto: Dok. PBSI)
Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto urung melaju ke final. Pasangan ganda putra Indonesia itu kandas di semifinal setelah takluk di tangan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dua gim langsung, 22-24 dan 15-21.
ADVERTISEMENT
Fajar/Rian merupakan wakil Indonesia pertama yang bertanding di babak semifinal Hong Kong Terbuka, Sabtu (17/11/2018). Kendati kalah, keduanya sempat memberikan perlawanan ketat terhadap Kamura/Sonoda.
Pasangan asal Jepang tersebut, yang kini menduduki peringkat ketiga dunia, bukanlah lawan yang asing buat Fajar/Rian. Sebelum ini, Fajar/Rian sudah menghadapi Kamura/Sonoda enam kali dengan head-to-head berimbang: 3-3.
Tiga pertemuan terakhir sebelum Hong Kong Terbuka 2018 selalu berjalan ketat, dengan dua di antaranya —yang selalu dimenangi Fajar/Rian— berakhir lewat tiga gim. Teranyar, Fajar/Rian sukses mengandaskan Kamura/Sonoda di China Terbuka 2018, September silam.
Sayang, catatan bagus itu tidak berlanjut, meski polanya masih sama. Jika di China Terbuka Fajar/Rian tertinggal di gim pertama sebelum bangkit di dua gim berikutnya, di Hong Kong Terbuka ini keduanya membuat Kamura/Sonoda bersusah payah sejak gim pertama.
ADVERTISEMENT
Fajar/Rian bahkan sempat unggul ketika interval (11-10), sebelum Kamura/Sonoda mengejar dan menyamakan kedudukan menjadi 12-12. Fajar/Rian kemudian unggul lagi 16-12, tetapi terkejar. Ujung gim pertama pun nyaris tak tertebak, sampai akhirnya Kamura/Sonoda menang lewat deuce 24-22.
Berulang kali, agresivitas dari Kamura/Sonoda dihadapi dengan baik oleh Fajar dan Rian. Intensitas permainan kedua pasangan juga terlihat dari beberapa reli yang tercipta. Kendati begitu, konsistensi Kamura/Sonoda menjadi pembeda di gim kedua.
Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Hong Kong Terbuka 2018
Penampilan Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto di perempat final Hong Kong Terbuka 2018. (Foto: Karina Nur Shabrina/kumparan)
Fajar/Rian sempat unggul 8-5 di gim kedua, tetapi Kamura/Sonoda berhasil menyamakan skor. Sejak saat itu, Fajar/Rian sulit untuk mengungguli perolehan poin ganda asal Jepang tersebut.
Sementara Kamura/Sonoda berhasil meraih sederet poin dengan cepat (dari 14 menjadi 17), Fajar/Rian mandek. Alhasil, setelah bertanding selama 47 menit, mereka pun kandas di tangan Kamura/Sonoda.
ADVERTISEMENT
Ganda putra Indonesia belumlah habis. Malah, satu tempat di final sudah pasti didapat. Pasalnya, pada pertandingan semifinal lainnya, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo akan bertanding melawan wakil Indonesia lainnya, Moh. Ahsan/Hendra Setiawan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan