kumparan
16 Januari 2020 22:08

Indonesia Masters: Berbenah, Marcus/Kevin pun Menang Lebih Cepat

PTR, Indonesia Master 2020, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon
Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon saat berlaga di Indonesia Master 2020. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, berhasil berbenah. Setelah berusaha mati-matian untuk mengalahkan Marcus Ellis/Chris Langridge pada babak pertama Indonesia Masters 2020, Marcus/Kevin sukses menang mulus atas He Ji Ting/Tan Qiang di babak kedua yang berlangsung Kamis (16/1/2020) malam WIB.
ADVERTISEMENT
Sebelum membahas kemenangan duo berjuluk Minions tersebut atas He/Tan, ada baiknya kita kilas balik dulu ke pertandingan melawan Ellis/Langridge.
Pada pertandingan yang berakhir dengan skor 21-12, 19-21, dan 26-24 tersebut, Marcus/Kevin sempat unggul 19-9 atas Ellis/Langridge pada gim ketiga. Namun, yang terjadi berikutnya adalah adegan horor buat Marcus/Kevin dan pendukung mereka: Ellis/Langridge menyamakan kedudukan hingga 24-24.
Sehari berselang, Marcus/Kevin memperbaiki performa mereka. Hasilnya, mereka menang atas He/Tan dalam dua gim langsung dengan skor 21-19 dan 21-13.
Lantas, apa yang diubah Marcus/Kevin? Menurut ganda putra terbaik di dunia itu, mereka langsung fokus sejak pertandingan bermula.
“Hari ini kami dari start langsung fokus, lebih siap. Kami berusaha untuk terus menekan lawan, karena mereka juga memang mainnya bagus,” kata Kevin.
ADVERTISEMENT
Indonesia Master 2020, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon
Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon saat berlaga di Indonesia Master 2020. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
“Dari awal, kami langsung menyerang, tidak banyak bertahan. Akibatnya, musuh jadi tertekan. Kalau kemarin, kami 'kan baru coba lapangan. Tiap tahun suka beda-beda soalnya, entah shuttlecock-nya, anginnya,” tambah Marcus.
Marcus/Kevin juga menjaga konsentrasi mereka satu gim penuh. Pada laga versus Ellis/Langridge, keduanya sempat kehilangan konsentrasi pada gim ketiga. Akibatnya, keunggulan 19-9 pun lenyap.
Kejadian ini sebenarnya hampir terulang pada gim pertama melawan He/Tan. Marcus/Kevin membuang keunggulan 20-16 yang mereka dapatkan. Namun, saat He/Tan berjarak satu poin lagi dari deuce, Marcus/Kevin berhasil menyegel gim.
Berkat kemenangan atas He/Tan, Marcus/Kevin bakal berhadapan dengan wakil Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzudin, pada babak perempat final, Jumat (17/1/2020).
Per situsweb resmi BWF, Marcus/Kevin belum pernah bertemu dengan pasangan Malaysia itu. Wajar, mengingat Fei/Izzudin adalah pasangan baru. Namun, bukan berarti Marcus/Kevin bakal memandang laga perempat final nanti dengan sebelah mata.
ADVERTISEMENT
“Ya, mereka pasangan muda yang baru naik. Mereka pasti nothing to lose, jadi, ya, enggak akan mudah,” pungkas Kevin.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan