kumparan
Bola & Sports11 Juni 2018 14:05

Jadilah Saksi Keseruan dan Megahnya Asian Games 2018 di Jakarta

Konten Redaksi kumparan
com-Ilustrasi Monas
com-Ilustrasi Monas (Foto: Thinkstock)
Perhelatan olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018, tinggal hitungan bulan lagi. Dua kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah, yakni Jakarta dan Palembang, kini tengah melakukan berbagai sentuhan akhir persiapan mereka untuk menyambut para atlet, official, hingga suporter dari berbagai negara di Asia.
ADVERTISEMENT
Digelarnya ajang Asian Games 2018 membuat masyarakat Jakarta dan Palembang berkesempatan untuk menjadi saksi keseruan dan kemegahan pertandingan di berbagai cabang olahraga. Khusus untuk masyarakat ibu kota Jakarta, kumparan (kumparan.com) memiliki beberapa tips seru untuk menikmati Asian Games tahun ini.
Ramaikan opening ceremony di Stadion Utama Gelora Bung Karno
com-Ilustrasi Opening Ceremony
com-Ilustrasi Opening Ceremony (Foto: Thinkstock)
Indonesia tidak mau main-main dalam menggelar Asian Games 2018. Pada opening ceremony-nya saja, akan ditampilkan 5.500 pengisi acara dan 141 musisi serta dibantu oleh 4.241 tenaga lokal dan 233 tenaga asing. Bahkan, acara ini rencananya akan berlangsung dengan durasi sekitar 2,5 jam hingga 3 jam lho!
Berangkat ke venue naik LRT
Daripada naik kendaraan pribadi, coba rasakan kecepatan dan kenyamanan transportasi publik baru di Jakarta yakni LRT (Light Rail Transit). Transportasi publik ini direncanakan akan beroperasi pada bulan Agustus mendatang, bertepatan dengan digelarnya Asian Games 2018, dan diperkirakan mematok tarif sebesar Rp 12.000. Tidak hanya di Jakarta, LRT pun akan mengantar masyarakat Palembang untuk menonton Asian Games 2018 di Jakabaring Sports Center.
ADVERTISEMENT
Nyanyikan “Garuda di Dadaku” untuk para penggawa tim nasional
com-Sepak Bola
com-Sepak Bola (Foto: Thinkstock)
Sepakbola merupakan olahraga yang paling populer di Indonesia. Anda pun tidak boleh ketinggalan untuk menyaksikan langsung perjuangan para punggawa tim nasional yang akan berlaga di Stadion Patriot Candabhaga, dan beberapa stadion lainnya seperti Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Pakansari Bogor, hingga Bumi Sriwijaya Stadium di Palembang. Jangan lupa nyanyikan lagu kebanggaan para suporter Indonesia, “Garuda di Dadaku”, juga!
Teriakkan "IN-DO-NE-SIA" untuk atlet bulu tangkis di Istora Senayan
Bulu tangkis merupakan salah satu 'ladang' kontingen Indonesia untuk meraih medali di gelaran Asian Games. Oleh karena itu, jadilah saksi perjuangan Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, dan atlet bulu tangkis Indonesia lainnya untuk meraih medali dalam kategori grup dan perseorangan. Gemuruhkan Istora Senayan dengan teriakan “IN-DO-NE-SIA” bersama para suporter lainnya.
ADVERTISEMENT
Saksikan perjuangan atlet akuatik di Stadion Akuatik GBK yang modern
com-Olahraga Akuatik
com-Olahraga Akuatik (Foto: Thinkstock)
Ingin menyaksikan bagaimana serunya cabang olahraga akuatik seperti renang, lompat indah, sampai polo air? Berarti Anda wajib datang langsung ke Stadion Akuatik GBK, venue cabor akuatik yang kini telah disulap menjadi venue kelas internasional sekaligus yang terbesar di Asia Tenggara. Selain menikmati keindahan gerakan para atlet Indonesia di dalam air, Anda juga bisa mengagumi Stadion Akuatik yang baru dan membanggakan ini.
Tonton langsung keseruan balap sepeda di Velodrome, Rawamangun
Walaupun cabang olahraga yang satu ini belum familiar bagi masyarakat Indonesia, tetapi tidak ada salahnya kalau Anda lebih mengenal dan sekaligus memberikan dukungan bagi para atlet Indonesia yang berlaga di cabang ini. Anda pun berkesempatan untuk melihat lintasan standar internasional yang terbuat dari kayu Siberia khusus diimpor untuk pelaksanaan Asian Games 2018.
ADVERTISEMENT
Arena ini pun dapat menampung kurang lebih 3000 orang. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan keseruan cabang olahraga balap sepeda yang akan digelar di Velodrome, Rawamangun. Yuk, penuhi venuenya!
Cari tahu tentang olahraga berkuda di Jakarta Equestrian Park
com-Olahraga Berkuda
com-Olahraga Berkuda (Foto: Thinkstock)
Tahukah Anda kalau olahraga berkuda menjadi salah satu favorit di beberapa negara? Daripada terus penasaran karena memang masih agak asing bagi masyarakat Indonesia, lebih baik datang langsung ke Jakarta Equestrian Park yang terletak di Pulomas untuk menyaksikan para atlet terbaik se-Asia berlaga dan memacu kuda mereka.
Sudah tahu bagaimana cara seru untuk menikmati Asian Games 2018 di ibu kota Jakarta? Siapkan diri Anda untuk menyaksikan langsung berbagai pertandingan di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang pada bulan Agustus mendatang.
ADVERTISEMENT
Dapatkan berita terbaru seputar Asian Games 2018 dan ikuti kompetisi online dengan berbagai hadiah menarik hanya di https://dukungbersama.id/.
Artikel ini didukung oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
customTrackerImpressionURL