Bola & Sports
·
3 Mei 2021 15:07

Kamaru Usman Ingin Ikuti Jejak Khabib, Pensiun sebagai Jawara UFC

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kamaru Usman Ingin Ikuti Jejak Khabib, Pensiun sebagai Jawara UFC (217921)
Petarung UFC, Kamaru Usman Foto: Instagram/@USMAN84kg
Juara kelas welter UFC, Kamaru Usman, belum terkalahkan di pentas tertinggi MMA tersebut. Merasa tak ada lawan, petarung asal Nigeria itu ingin mengikuti jejak Khabib Nurmagomedov, yakni pensiun.
ADVERTISEMENT
Teranyar, petarung berjuluk 'The Nigerian Nightmare' tersebut berhasil menang KO atas Jorge Masvidal di UFC 261, 25 April lalu. Dengan hasil tersebut, Usman berhasil mempertahankan gelar juara kelas welter untuk kali keempat.
Kemenangan itu juga mempercantik rekor Usman, yakni 19-1. Ia belum terkalahkan dalam 14 laga di pentas UFC dan hanya menelan satu kekalahan selama karier MMA profesionalnya.
Kamaru Usman Ingin Ikuti Jejak Khabib, Pensiun sebagai Jawara UFC (217922)
Duel Kamaru Usman melawan Jorge Masvidal di pertandingan UFC 261 di VyStar Veterans Memorial Arena. Foto: Jasen Vinlove-USA TODAY Sports/REUTERS
Boleh dibilang, Usman kini tak terbendung. Lawan-lawan yang dihadapinya juga selalu bisa diatasi. Hal ini yang membuatnya tak termotivasi lagi dan merencanakan angkat kaki.
"Itu selalu ada di kepala. Tapi sebenarnya, saya tidak selalu berkata, 'Baiklah, saya akan pensiun besok'. Faktanya adalah, saya hanya mengatakan bahwa saya terlibat dalam kompetisi ini dan saya ingin jadi yang terbaik," ungkap Usman dikutip dari Sportskeeda.
ADVERTISEMENT
"Perlu ada sesuatu yang memberi saya motivasi tambahan dan terus bangun di setiap hari untuk tetap berlatih dan menjadi monster. Itulah yang saya katakan. Setelah itu tidak ada lagi, tentu saja saatnnya untuk menutup halaman," sambungnya.
Usman direncanakan akan melawan Colby Covington. Lagi-lagi, pertarungan jilid dua. Pada pertemuan pertama, petarung 33 tahun itu menang KO di UFC 245, Desember 2019 lalu.
Kamaru Usman Ingin Ikuti Jejak Khabib, Pensiun sebagai Jawara UFC (217923)
Khabib Nurmagomedov dalam acara perayaan kemenangan atas Conor McGregor di Makhachkala. Foto: Reuters/Said Tsarnayev
Sebelumnya, Usman selalu menekankan jika dirinya tak ingin melawan petarung yang sama, yang pernah ia kalahkan. Itu berbanding terbalik dengan tujuannya untuk jadi yang terbaik.
Jika Usman menang lawan Covington nanti dan benar memutuskan untuk menggantung sarung tinjunya, ia akan mengikuti jejak Khabib yang pensiun dengan status pemegang gelar juara.
ADVERTISEMENT
The Eagle mengumumkan pensiun usai mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254, Oktober 2020 lalu. Petarung Dagestan itu mengakhiri kariernya dengan catatan 29-0 dan juara dunia kelas ringan UFC.
****