kumparan
15 November 2018 22:41

Kandaskan Wakil Malaysia, Ahsan/Hendra ke Perempat Final

Pebulu tangkis Indonesia Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan
Pebulu tangkis Indonesia Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan pada Turnamen Bulu Tangkis Blibli Indonesian Open 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (4/7). (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Ganda putra kawakan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, menjadi wakil Indonesia kedelapan yang lolos ke babak perempat final Hong Kong Terbuka 2018. Kepastian ini didapatkan usai menaklukkan ganda asal Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong, Kamis (15/11/2018) malam WIB.
ADVERTISEMENT
Bertanding di Hong Kong Coliseum, Ahsan/Hendra mengalahkan Hog/Tan dalam permainan tiga gim dengan skor 21-16, 12-21, dan 21-12. Ahsan/Hendra menyusul Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, sebagai ganda Indonesia yang sudah lebih dulu lolos.
Ahsan/Hendra sedikit diuntungkan dengan masalah kebugaran karena Goh/Tan harus bermain tiga gim di babak pertama melawan unggulan ketiga turnamen asal China, Liu Cheng/Zhang Nan. Sementara, Ahsan/Hendra tidak terlalu kesulitan mengalahkan ganda Korea Selatan di laga sebelumnya.
Ahsan/Hendra langsung menguasai jalannya pertandingan di awal gim pertama dengan unggul 6-2. Namun, Goh/Tan nyatanya bisa memberi perlawanan untuk menyamakan skor menjadi 10-10, meski akhirnya tertinggal 10-11 di interval pertama.
Memasuki interval kedua, Ahsan/Hendra semakin nyaman dalam mematikan langkah Goh/Tan. Dengan kombinasi smes dan permainan depan net yang ciamik, Ahsan/Hendra meninggalkan Goh/Tan dengan skor 17-12, sebelum akhirnya menutup gim pertama dengan kemenangan 21-16.
ADVERTISEMENT
Kemenangan di gim pertama tak menjamin jalannya laga di gim kedua menjadi lebih mudah buat Ahsan/Hendra. Goh/Tan tancap gas dengan bermain lebih agresif untuk mengincar kelemahan Ahsan/Hendra yang mulai kewalahan dalam mengejar shuttlecock di depan net. Indonesia tertinggal 6-11 di interval pertama.
Jarak poin yang cukup jauh membikin Ahsan/Hendra harus kerja keras di interval kedua dan sempat menjadikan skor 10-14. Namun, Goh/Tan merespons kebangkitan ini dengan bermain lebih tenang untuk menutup gim kedua lewat kemenangan telak 21-12.
Ahsan/Hendra
Aksi Ahsan/Hendra di sebuah laga. (Foto: Lillian Suwanrumpha/AFP)
Gim ketiga sebagai penentuan dilakoni Ahsan/Hendra dengan lebih tenang. Ahsan/Hendra melucuti pertahanan ganda Malaysia ini dengan kombinasi pukulan lob, smes, dan netting ciamik.
Meski sempat ketat di interval pertama dan hanya unggul 11-8, Ahsan/Hendra menginjak pedal gas mereka di interval kedua. Upaya ini berhasil ketika skor menjadi 14-11. Mulai dari sini Ahsan/Hendra terus meninggalkan Goh/Tan. Mereka pun mendapat match point saat skor ada di angka 20-12.
ADVERTISEMENT
Lantas, pengembalian keluar dari Goh membuat Ahsan/Hendra memastikan diri lolos ke babak selanjutnya usai menutup gim ketiga dengan kemenangan 21-12. Di babak perempat final nanti, Ahsan/Hendra akan berhadapan dengan wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan