Bola & Sports
·
9 Juli 2019 18:25

Karolina Muchova, Dongeng Lain di Wimbledon 2019

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Karolina Muchova, Dongeng Lain di Wimbledon 2019 (2686)
Karolina Muchova ke perempat final Wimbledon 2019. Foto: REUTERS/Toby Melville
Kejutan belum berakhir meski tunggal putri Wimbledon 2019 sudah menyentuh babak 16 besar. Salah satu yang paling masif tentu tersingkirnya unggulan ketiga turnamen sekaligus petenis peringkat tiga dunia.
ADVERTISEMENT
Laga yang digelar di No.2 Court pada Senin (8/7/2019) menampilkan duel antara dua Karolina dari Republik Ceko: Karolina Pliskova melawan Karolina Muchova.
Magi Wimbledon belum benar-benar berakhir. Cinderella run ala Cori Coco Gauff memang sudah usai, tapi bukan berarti kisah epik kandas semua.
Meski sudah turun sebagai petenis profesional sejak 2014, Muchova bukan petenis yang akrab dengan kompetisi Grand Slam. AS Terbuka 2018 adalah perburuan trofi Grand Slam pertamanya. Namun, itu pun cuma sampai di babak ketiga.
Perjalanan petenis 22 tahun tersebut berlanjut. Ia menjajal Australia Terbuka dan Prancis Terbuka 2019. Masing-masing selesai di babak pertama dan kedua.
Karolina Muchova, Dongeng Lain di Wimbledon 2019 (2687)
Karolina Muchova dan Karolina Pliskova berjabat tangan usai pertandingan. Foto: Reuters/Toby Melville
Artinya, ini merupakan Wimbledon pertama buat Muchova. Yang menyenangkan tentu keberhasilannya mencapai perempat final, lewat perjuangan mati-matian melawan petenis sekelas Pliskova pula. Tak ayal, laga sengit itu berjalan panjang: Tiga jam 17 menit.
ADVERTISEMENT
“Saya tidak pernah melakoni pertandingan sepanjang itu sebelumnya, bahkan di lapangan tanah liat sekalipun. Laga ini benar-benar berat. Saya gembira karena dapat mengunci kemenangan tanpa harus melakoni tie break,” jelas Muchova, dikutip dari laman resmi WTA.
Perjuangan tiga jam lebih itu tidak berakhir sia-sia untuk Muchova. Kemenangan 4-6, 7-5, 13-11 itu tak cuma memastikan ia berhak bertanding di perempat final. Hasil mayor tadi juga menjadi kemenangan pertamanya atas petenis 10 besar dunia.
Skor di set final yang mencapai 13-11 itu adalah dampak dari peraturan baru yang diterapkan di Wimbledon. Tie break hanya akan terjadi jika kedua pemain mencapai kedudukan 12-12 di set final.
Unforced error Pliskova yang membuat bola membentur net menutup jalan panjang Muchova untuk merengkuh tiket perempat final. Adalah petenis peringkat delapan dunia, Elina Svitolina, yang akan menjajal kemampuan Muchova di perempat final pada Selasa (9/7/2019).
ADVERTISEMENT
Duel melawan Pliskova tadi ternyata tidak cuma mengisahkan pertarungan sengit, tapi sedikit sentuhan showbiz. Selidik punya selidik, ada penonton spesial yang menyaksikan laga tersebut di boks Muchova. Dia adalah aktris asal Australia, Rebel Wilson.
Konon, keduanya mulai menjalin pertemanan sejak AS Terbuka 2018. Melihat tempat duduknya saja, sebagian besar orang paham siapa yang didukungnya di pertandingan ini.
“Awal ceritanya ada di tahun lalu. Dia mengirim pesan via Twitter setelah saya berhasil mengalahkan (Garbine) Muguruza. Terang saja saya terkejut. Rasanya seperti: Wow! Rebel Wilson! Dia orang yang super keren dan menyenangkan,” cerita Muchova.
Ngomong-ngomong soal Wimbledon tahun ini, cukup menarik jika melihat kembali siapa yang lolos ke babak perempat final. Bila diperhatikan, sebagian yang melangkah ke babak perempat final--baik di nomor tunggal putri maupun putra--adalah petenis top yang memang sudah bertahan lama.
ADVERTISEMENT
Kalaupun tidak berstatus sebagai unggulan lagi, setidaknya mereka pernah menjadi unggulan di masa lampau dalam periode cukup lama. Ambil contoh di nomor tunggal putra, yang ditandai dengan kelolosan Novak Djokovic, Rafael Nadal, Roger Federer, Kei Nishikori, dan Sam Querrey. Sementara, tiga slot akhir diisi oleh Roberto Bautista Agut, Guido Pella, dan David Goffin.
Situasi sedikit berbeda terjadi di tunggal putri. Babak perempat final tidak akan menyajikan laga tiga unggulan teratas karena selain Pliskova, Ashleigh Barty (peringkat satu) dan Naomi Osaka (peringkat dua) juga gugur. Yang perlu diperhatikan, kebanyakan unggulan tersebut belum lama meraih status unggulannya.
Alhasil, nama-nama lawas macam Serena Williams, Johanna Konta, Simona Halep, dan Svitolina yang sampai di perebutan slot empat besar. Meski demikian, fase perempat final tunggal putri kali ini cukup menggembirakan karena 50% diisi oleh petenis underdog: Alison Riske, Barbora Strycova, Shuai Zhang, dan Muchova.
ADVERTISEMENT