kumparan
13 April 2019 19:48

Kemenangan Straight atas Li/Liu Antarkan Ahsan/Hendra ke Final

Ahsan/Hendra
Ahsan/Hendra di Malaysia Terbuka 2019. Foto: Dok. PBSI
Sektor ganda putra Indonesia tetap mengirimkan wakil ke final Singapura Terbuka, meski Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo terhenti di semifinal. Adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang menjadi pelipur lara.
ADVERTISEMENT
Dalam laga semifinal lain di Singapore Indoor Stadium, Sabtu (13/4/2019) malam WIB, Ahsan/Hendra mengalahkan Li Junhui/Liu Chen dengan skor 21-11 dan 21-14.
Kemenangan ini sekaligus membuka peluang Ahsan/Hendra untuk mempertahankan gelar juara yang diraihnya tahun lalu. Pasangan beralias The Daddies tercatat merengkuh dua gelar juara di Singapura Terbuka pada 2013 dan 2018.
***
Superioritas Ahsan/Hendra sudah dimulai sejak awal gim pertama. Serangkaian pukulan menyulitkan dari Ahsan membuat Indonesia unggul 11-5 saat interval berakhir.
Tak ada celah untuk Li/Liu, yang berstatus ganda putra nomor dua dunia, mengambil kendali permainan. Bahkan, Ahsan/Hendra mampu melebarkan jarak menjadi 15-7 serta 19-10. Dua poin tambahan menjadi milik Ahsan Hendra, sementara sang lawan cuma satu. Gim pertama pun menjadi milik Indonesia.
ADVERTISEMENT
Ahsan/Hendra
Penampilan Ahsan/Hendra di Malaysia Terbuka 2019. Foto: Dok. PBSI
Sedikit berbeda, awal gim kedua sempat berlangsung agak ketat. Setelah bergantian unggul, kedua pasangan mencapai kedudukan imbang 8-8.
Momentum berpihak kepada Ahsan/Hendra seusai itu. Mereka menutup interval dengan skor 11-9 dengan memanfaatkan serangkaian kesalahan Li/Liu.
Semakin lebar gap setelah interval. Dari 15-11, Ahsan/Hendra meraup empat angka beruntun demi mengubah kedudukan menjadi 19-11.
Kemudian, Ahsan/Hendra mencapai match point di kedudukan 20-13 berkat kejelian Ahsan yang membiarkan shuttlecock keluar lapangan. Pasangan China sempat menambah satu angka, tetapi sudah terlambat. Lewat reli panjang yang ditutup dengan pukulan di depan net, Ahsan/Hendra memastikan kemenangan straight.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan