Bola & Sports
·
22 November 2020 16:45

Khabib Nurmagomedov: UFC Akan Terus Mengejarku, Ini tentang Uang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Khabib Nurmagomedov: UFC Akan Terus Mengejarku, Ini tentang Uang (9958)
Khabib Nurmagomedov memamerkan sabuk juara UFC. Foto: AFP/Vasily Maximov
Khabib Nurmagomedov tahu bahwa UFC tak akan melepaskannya begitu saja. Sebab, petarung asal Dagestan itu adalah sosok fenomenal, pemilik rekor 29-0, sumber derasnya aliran uang.
ADVERTISEMENT
Boleh jadi, itulah yang membikin orang-orang seperti Dana White sang Presiden UFC mengobarkan rumor bahwa Khabib akan comeback. White bahkan bilang bahwa sabuk juara kelas ringan masih dipegang Khabib.
"Akan selalu ada rumor soal comeback saya [di UFC]. Karena Dana White atau promotor lain yang akan menggantikannya di masa depan selalu ingin saya berduel. Ini tentang uang yang besar, penonton, dan liputan media," katanya kepada RT Sport.
"Jadi, saya yakin, mereka (UFC) akan tetap mengejar saya. Sekali saja menyelesaikan duel, fans akan menantikan duel berikutnya. Mereka selalu ingin saya tampil," sambungnya.
Khabib Nurmagomedov: UFC Akan Terus Mengejarku, Ini tentang Uang (9959)
Petarung bela diri campuran asal Dagestan, Khabib Nurmagomedov. Foto: Getty Images/Ed Mulholland
Sebagai catatan, Duel Khabib Nurmagomedov vs Conor McGregor menghasilkan duit sebesar 17.200.000 dolar AS (sekitar Rp 244 juta). Pay-per-view-nya laku sebanyak 2.400.000, terlaris sepanjang masa.
ADVERTISEMENT
Duel terakhir Khabib Nurmagomedov vs Justin Gaethje, juga laris banget Pay-per-view-nya. Menurut Sports Business Journal, ada 500.000 pembelian PPV laga UFC 254 itu di Amerika Serikat dan 175.000 pembelian di internasional.

Khabib Nurmagomedov kekeh tak mau kembali ke UFC

Khabib Nurmagomedov: UFC Akan Terus Mengejarku, Ini tentang Uang (9960)
Khabib Nurmagomedov, salah satu petarung kuat UFC. Foto: Per Haljestam-USA TODAY Sports via Reuters
Namun, Khabib Nurmagomedov tetap pada pendiriannya, tetap memegang janjinya pada sang ibu: Tak akan kembali lagi ke UFC atau juga bertarung untuk perusahaan promotor MMA mana pun.
"Saya tidak punya rencana untuk melanjutkan berduel," tegasnya.
"Bagaimana jika sekali lagi saja [demi rekor 30-0]? Mereka akan mencarikan lawan yang sedang dalam 7-8 kemenangan beruntun untuk saya, pegulat lain yang hebat, mereka itu pandai menciptakan bintang, cerita yang tak pernah selesai."
"Tentu saja, saya sanggup berduel hingga usia 40 tahun, bahkan 45 tahun, kayak Fedor [Emelianenko]. Namun, harus ada tujuan untuk itu, saya telah mencapai tujuan saya," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, Khabib merasa tak ada yang masih ia cari lagi di UFC atau dunia MMA. Misinya sudah selesai.
Bicara soal uang, Khabib kini sedang berfokus untuk mencari penghasilan di luar MMA. Salah satunya adalah dengan menggeluti bidang pertanian dan peternakan.
----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.