Bola & Sports
·
4 Agustus 2021 16:04
·
waktu baca 2 menit

Laura & Jason Kenny: Pasangan Suami-Istri yang Kawinkan Medali Olimpiade 2020

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Laura & Jason Kenny: Pasangan Suami-Istri yang Kawinkan Medali Olimpiade 2020 (93119)
searchPerbesar
Atlet sepeda Inggris Jason Kenny dan bersama istrinya, Laura Kenny meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020. Foto: ODD ANDERSEN / AFP
Laura dan Jason Kenny sukses menjadi pasangan suami-istri yang mengawinkan medali Olimpiade 2020. Keduanya yang merupakan atlet balap sepeda Inggris itu sama-sama mendapatkan perak pada Selasa (3/8).
ADVERTISEMENT
Medali perak didapatkan Laura saat dirinya dan tim kalah dari Jerman dalam nomor pursuit beregu wanita. Tim Jerman lebih unggul dengan waktu 4,04 detik yang sekaligus menjadi rekor dunia saat ini.
Sementara, Jason meraih medali perak dalam nomor sprint beregu putra bersama dengan rekannya, yaitu Jack Karlin, Philip Hindes, dan Ryan Owens. Dalam nomor ini, tim Belanda menjadi jawaranya.
Sebenarnya, Lauren dan Jason Kenny sudah lebih dulu meraih medali bersama, bahkan emas. Hal itu terjadi di Olimpiade London 2012. Namun, saat itu, keduanya belum menjadi sepasang suami-istri.
Berkat keberhasilan tersebut, nama mereka sampai digunakan untuk pusat rekreasi di Inggris. Jason Kenny Center di Bolton dan Laura Trott Leisure Center di Cheshunt.
ADVERTISEMENT
Pasangan ini baru menikah setelah Olimpiade Rio 2016 dan telah memiliki seorang putra bernama Albert (Albie). Putra mereka akan genap berusia empat tahun pada Agustus ini.
Laura & Jason Kenny: Pasangan Suami-Istri yang Kawinkan Medali Olimpiade 2020 (93120)
searchPerbesar
Atlet sepeda Inggris Jason Kenny dan bersama istrinya, Laura Kenny meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020. Foto: ODD ANDERSEN / AFP
Kesuksesan keluarga Kenny di Rio 2016 semakin melambungkan nama mereka dalam hati dan pikiran publik Inggris. Keduanya bahkan dijuluki 'Posh and Becks of cycling'.
Julukan yang disematkan pada mereka merupakan referensi dari Victoria dan David Beckham, pasangan selebriti paling terkenal di Inggris periode 1990-2000.
"(Rasanya) sedikit aneh, karena siapa pun yang mengenal saya dan Jason tahu bahwa kami sama sekali tidak seperti Posh dan Becks!" ucap Laura Kenny mengenai julukan tersebut.
Torehan dua medali perak di Olimpiade 2020 turut menambah perolehan medali mereka selama berkarier di Olimpiade. Jika digabung, perolehan medali keduanya mencapai 13 medali.
Laura & Jason Kenny: Pasangan Suami-Istri yang Kawinkan Medali Olimpiade 2020 (93121)
searchPerbesar
Atlet sepeda Inggris Jason Kenny meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020. Foto: ODD ANDERSEN / AFP
Laura tercatat telah mengantongi 4 emas dan 1 perak (sejak London 2012), sementara Jason sukses mendulang 6 emas dan 2 perak (sejak Beijing 2008). Bahkan, keduanya masih bisa menambah pundi-pundi medali di Tokyo 2020.
ADVERTISEMENT
Jason, misalnya, masih memiliki dua peluang lagi untuk menambah perolehan medalinya. Dia akan turun dalam nomor sprint individu pada Jumat (6/8) dan keirin pada Minggu (8/8).
Terlebih, Jason Kenny memiliki ambisi tersendiri untuk meraih medali emas Olimpiade. Dia bertekad melampaui capaian atlet sepeda veteran Inggris, Sir Chris Hoy (6 medali emas).
“Tujuan utama saya mengalahkan Chris karena saya tahu itu akan mengganggunya. Dia mungkin akan kembali ke Paris nanti. Ini sangat bagus, sangat istimewa. Setiap kali saya datang ke Olimpiade rasanya semakin sulit,” ucap Jason, dikutip dari The Guardian.
***