kumparan

LeBron James Bantah Dirinya Kelelahan saat Cavs Keok di Gim Kelima

LeBron James
James meratapi kekalahan di kandang Celtics. (Foto: David Butler II-USA TODAY Sports)
Setelah menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat kemenangan di markas sendiri pada gim tiga dan empat, Cleveland Cavaliers kembali tertinggal usai keok di markas Boston Celtics pada gim kelima final Wilayah Timur NBA, Kamis (24/5/2018) pagi WIB.
ADVERTISEMENT
Berlaga di TD Garden, Cavs menyerah dengan skor 96-83 yang membuat Celtics kini unggul 3-2. Bagi skuat Brad Stevens tersebut, kemenangan ini memperbesar kans lolos ke final NBA yang terakhir kali mereka rasakan pada 2010.
Pada laga ini, Celtics yang belum terkalahkan selama babak playoff musim 2017/18, bermain sangat solid untuk memperpanjang rekor tak terkalahkan di kandang menjadi 10 laga. Para pemain muda Celtics macam Jayson Tatum, yang mencetak 24 angka, dan Jaylen Brown, yang menorehkan 17 poin, sangat menonjol.
Sementara di kubu Cavs, LeBron James masih jadi nyala utama di balik serangan dan pertahanan. Meski kalah, James bisa membukukan douoble-double dengan 26 poin dan 10 rebound. Torehan ini ditambah 5 assist dan 1 steal.
ADVERTISEMENT
Namun, pada laga ini James terlihat kehabisan tenaga. Indikasi James mulai kelelahan adalah berkontribusi melakukan enam turnover (kesalahan sendiri) dari total 15 turnover yang dilakukan semua pemain Cavs.
Menilik menit bermain James musim ini (termasuk musim reguler) yang mencapai 3.674 menit, wajar saja jika dirinya mulai merasa lelah. Apalagi, James tak pernah absen dalam 98 pertandingan Cavs sejauh ini. Sedangkan khusus di babak playoff, ia sudah bermain selama 648 menit dan jadi pemain paling sering turun.
James memang sering tampil apik--secara individu-- di tiap laga. Namun, kondisi di mana James tak pernah tergantikan dan kelewat sentral, malah jadi bumerang buat Cavs. Di babak playoff yang punya instensitas pertandingan lebih cepat dan tekanan lebih besar, akan sangat riskan bereksperimen dengan merotasi pemain.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, jeda istirahat di partai final wilayah sangat rapat. Semenjak memasuki gim ketiga, tiap tim hanya punya jeda istirahat satu hari. Kondisi ini jelas memengaruhi para pemain--tak hanya James.
Rasa lelah itu akhirnya terlihat jelas di gim kelima. Tak hanya soal turnover saja, ketajaman dalam mencetak poin pun jadi berkurang. Sebagai perbandingan, Houston Rockets dan Golden State Warriors yang juga baru saja melakoni gim kelima, Jumat (25/5) pagi WIB, juga menunjukkan bahwa para pemain kelelahan.
Celtics vs Cavaliers
James dijaga Smart dan Tatum. (Foto: Greg M. Cooper-USA TODAY Sports via Reuters)
Kendati Rockets menang dengan skor 98-94, mereka kudu kehilangan Chris Paul yang mengalami cedera hamstring. Sementara di kubu Warriors, untuk pertama kalinya di partai final melawan rckets, Stephen Curry dan kolega total melakukan 18 turnover.
ADVERTISEMENT
Jika pemain lain pun kelelahan, kemungkinan James merasakan hal yang sama sangat besar. Kondisi ini dibenarkan oleh pelatih Tyronn Lue dalam konferensi pers usai laga.
"Bagi saya dia (James) terlihat agak kelelahan. Tapi saya tidak peduli, dia harus siap ketika diturunkan bermain," kata Lue seperti dilansir ESPN.
Kondisi fisik James yang mulai menurun mengaharuskanya Lue melakukan rotasi dan banyak mengistirahatkan James di kuarter dua yang sangat jarang dilakukan pada gim sebelumnya. Lue juga memasukkan James di kuarter empat setelah beristirahat di akhir kuarter tiga, tapi James nampak tidak siap dan ditarik kembali.
Indikasi James yang mulai kelelahan tak hanya dilontarkan oleh sang pelatih,Marcus Morris yang berposisi sebagai forward di Celtics dan kerap menjaga James juga berpendapat sama.
ADVERTISEMENT
"Kami menjaga dia dengan banyak pemain yang punya tipe tubuh beragam. Dia pun melakukan banyak hal untuk timnya--mencetak poin, rebound, assist. Saya rasa dia mulai sedikit kelelahan," kata Morris.
Akan tetapi, James sendiri membantah dirinya sudah diambang batas. Menurutnya, yang jadi persoalan adalah tidak berajalannya strategi permainan tim.
"Saya mendapatkan momentum (di pertandingan), tapi saya rasa semua orang di titik ini sedang kelelahan," kata James saat ditanya bagaimana kondisi tubuhnya. Tetapi, James kemudian membantah. "Saya baik-baik saja, saya tidak bilang kalau saya kelelahan, media yang bilang seperti itu," kata dia lagi.
"Saya selalu mencoba untuk menjalankan startegi permainan untuk membantu tim menang. Kami punya banyak kesempatan, tai kami tidak menjalankan strategi ini dengan baik," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Kemungkinan James mulai kelelahan memang tak bisa mentah-mentah dijadikan alasan kekalahan Cavs di gim kelima. Karena James sebetulnya bisa tampil apik, hanya saja penampilan pemain yang lain tidak bisa menopang sehingga secara kekuatan dan kedalaman tim, Cavs kalah dari Celtics.
Namun, bukan berarti keuntungan Celtics menjadi kebuntungan Cavs. Pada gim keenam yang bakal tersaji, Sabtu (26/5) pagi WIB, Cavs bakal menjamu Celtics di Quicken Loans Arena. Dua kemenangan di gim ketiga dan empat, harusnya menjadi modal positif untuk memaksa Celtics bermain hingga gim terakhir atau ketujuh.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan