kumparan
7 Jul 2018 16:43 WIB

Marcus/Kevin Lolos ke Final Indonesia Open Usai Tundukkan Fajar/Rian

Pebulu tangkis Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, pada Turnamen Bulu Tangkis Blibli Indonesian Open 2018 di Istora Senayan, Jakarta, kamis (5/7). (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, berhasil melangkah ke partai final Indonesia Open 2018. Tiket ke laga pemungkas ini didapatkan usai mengalahkan sesama pasangan Indonesia lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.
ADVERTISEMENT
Bertanding di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (7/72018), 'Duo Minions' -- sapaan akrab Marcus/Kevin -- mengalahkan Fajar/Rian dua gim langsung dengan skor 21-13 dan 21-12 dalam pertandingan berdurasi 26 menit.
Pertandingan dimulai dengan tempo cepat dari kedua pasangan, tapi Fajar/Rian mampu unggul lebih dulu dengan skor 3-1. Marcus/Kevin langsung menyamakannya usai pukulan Marcus salah diantisipasi. Tak berselang lama, mereka berbalik unggul 6-4 setelah pukulan Rian keluar.
Kecepatan dan ketajaman Marcus/Kevin bertambah semenjak berbalik unggul dan skor pun menjauh menjadi 8-4 setelah smes keras Kevin tak bisa dibendung. Fajar/Rian sebetulnya bisa memberikan perlawanan, tapi momentum pertandingan telanjur jadi milik Marcus/Kevin. Interval pertama pun berakhir dengan skor 11-7.
Gelagat perlawanan kembali ditunjukkan Fajar/Rian saat memulai interval kedua dan berhasil menipiskan jarak menjadi 11-13. Namun, momentum ini tidak berusia lama setelah kesalahan sendiri kembali dilakukan oleh mereka. Marcus/Kevin pun dengan mudahnya mendapat poin dan unggul 18-13.
ADVERTISEMENT
Tak ada kesulitan berarti yang dimiliki Marcus/Kevin setelah keunggulan mereka kian melebar dan Fajar/Rian nampaknya tak punya jawaban untuk meredam kecepatan mereka. Lewat backhand smash dari Kevin di depan net, 'Minions' mengakhiri gim pertama dengan kemenangan 21-13.
Perolehan poin di gim kedua berjalan pada awalnya berjalan cukup ketat, tapi tak ada reli-reli panjang yang terjadi lantaran kedua pasangan sama-sama sering melakukan kesalahan. Empat menit gim kedua berjalan, skor 3-2 untuk keunggulan Marcus/Kevin.
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Namun, jalannya laga menjadi seru semenjak Kevin mulai menunjukkan kepiawaiannya dalam mengatasi permainan di depan net. Beberapa kali dari skema ini perolehan poin Marcus/Kevin bertambah hingga akhirnya mengakhiri interval pertama dengan keunggulan 11-6.
Ketidakmampuan Fajar/Rian meladeni permainan cepat Marcus/Kevin mewarnai jalannya interval kedua. Berkali-kali pukulan menyilang dan penempatan di depan net dari Marcus/Kevin membikin mereka mati langkah. Tiga menit berjalan di interval kedua, skor menjauh menjadi 17-8.
ADVERTISEMENT
Lewat skema pukulan menyilang di depan net yang tak bisa dikembalikan pula, Marcus/Kevin memperoleh match point mereka. Akhirnya, kemenangan Marcus/Kevin ditentukan lewat smes Fajar yang menyangkut di net. Gim kedua pun berkahir dengan skor 21-12.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan