Bola & Sports
·
18 November 2019 2:13

Max Verstappen Jadi Pemenang di GP Brasil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Max Verstappen Jadi Pemenang di GP Brasil (139263)
Aksi Max Verstappen di GP Brasil. Foto: REUTERS/Ricardo Moraes
Max Verstappen berhasil bertahan dalam chaos-nya Formula One Grand Prix Brasil, Senin (18/11/2019) dini hari WIB. Memulai balapan di posisi pertama, pebalap andalan Red Bull ini juga berhasil mengakhiri balapan di posisi pertama.
ADVERTISEMENT
Sementara, Pierre Gasly berada di posisi kedua, dan ini artinya dia pun bisa merasakan podium pertamanya. Untuk posisi ketiga sendiri dihuni Lewis Hamilton, yang terpaksa turun dari posisi pertama di 10 putaran akhir balapan ini.
***
"Mendekati Max Verstappen itu sungguh sulit, man." Begitu keluh Lewis Hamilton ketika sesi balapan telah melewati lap ke-30. Segala saran pebalap asal London itu telah dicoba tim Mercedes-Benz, tetapi dia tetap saja tak bisa berada di posisi pertama.
Hamilton sendiri memula balapan dari peringkat ketiga. Langsung di putaran pertama dan tikungan pertama dia menyalip Sebastian Vettel. Meski memula dengan meyakinkan, tetapi posisi pertama tetap gagal direbut Hamilton dari Max Verstappen.
Terakhir, Hamilton mengeluhkan kondisi ban yang dia rasa sama sekali tak cocok dengan kondisi sirkuit. Dia pun masuk pit-stop pada putaran ke-44, dan kesempatan ini dimanfaatkan Sebastian Vettel untuk naik ke posisi kedua.
ADVERTISEMENT
Menariknya, beberapa saat kemudian, Vettel berhasil menyalip Verstappen dan naik ke posisi pertama. Keadaan sempat memburuk untuk Verstappen di putaran ke-50, karena dia turun ke posisi ke-4 dan Alexander Albon naik ke peringkat ketiga.
Namun, dua putaran kemudian, situasi kembali seperti di awal race. Verstappen di posisi pertama dan Hamilton di peringkat kedua. Vettel sendiri turun ke posisi ketiga, sementara Albon turun ke posisi kelima dan Charles Leclerc naik ke posisi keempat.
Soal Leclerc, ini menarik. Pebalap binaan Ferrari ini mendapatkan penalti, sehingga harus memula balapan dari posisi ke-14. Namun, pada putaran ke-14, Leclerc sudah naik ke peringkat keenam.
Oh, ya, Valtteri Bottas harus mengakhiri balapan pada putaran ke-54 akibat keluar asap dari mesin Mercedes-Benz-nya. Sungguh disayangkan, mengingat saat itu dia berada di posisi keempat.
ADVERTISEMENT
Pada akhirnya, yang dicari-cari Hamilton terjadi juga pada putaran ke-55. Bersamaan dengan Leclerc, Verstappen masuk pit-stop untuk pergantian ban, dan ini artinya Hamilton naik ke posisi pertama. Sayang, ini cuma bertahan hingga putaran ke-60.
Setelah keluar dari pit, mobil Verstappen melaju kencang dan pada akhirnya bisa menyalip Hamilton di putaran lurus. Nah, di tengah persaingan ketat Verstappen-Hamilton, muncul kejadian konyol melibatkan duo Ferrari pada putaran ke-66.
Ketika itu, Vettel dan Leclerc saling beradu kecepatan untuk merebut posisi ketiga di trek lurus. Nah, tiba-tiba saja ban Leclerc pecah, dan tak lama mobil Vettel mengalami masalah. Tak lama, keduanya pun terlihat terlibat cekcok di pinggir trek.
Akibat insiden ini, restart dilakukan dan hasilnya tak baik untuk Hamilton. Pada putaran ke-70, mobil Hamilton ditabrak Albon hingga terputar. Seketika itu pula terjadi kaos.
ADVERTISEMENT
Sehingga, beginilah posisi akhir balapan kali ini. Verstappen di posisi pertama. Pierre Gasly mendapatkan durian runtuh dan finis di posisi kedua dengan selisih waktu 6.077. Hamilton di peringkat ketiga dengan selisih waktu 6.139.
Sementara, Carlos Sainz, Jr. di posisi keempat dan Kimi Raikkonen berada di peringkat kelima.