Bola & Sports
·
25 November 2020 14:31

Media Asing Nilai Peluang Mandalika Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021 Tipis

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Media Asing Nilai Peluang Mandalika Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021 Tipis (211990)
Ilustrasi balapan MotoGP. Foto: Stephane Mahe/REUTERS
MotoGP 2021 tampaknya akan kembali mengalami revisi kalender balapan dan itu mungkin berpengaruh pada gelaran lomba di Mandalika. Sejumlah seri diyakini akan dibatalkan atau dijadwal ulang, terutama di bulan-bulan awal tahun depan.
ADVERTISEMENT
Pada awal November 2020, pihak MotoGP telah mengeluarkan kalender sementara untuk musim 2021. Qatar menjadi seri pertama pada 28 Maret dan ditutup di Valencia pada 14 November.
Gelaran MotoGP Indonesia masuk daftar cadangan bersama Portimao dan Rusia. Namun, media asing The Race menyebut bahwa kans Sirkuit Mandalika bisa menggelar MotoGP 2021 tipis.
"Yang rencananya ditambahkan ke kalender untuk tahun depan, sirkuit itu mengalami masalah hukum karena pihak berwenang Indonesia berusaha untuk membersihkan desa-desa di lokasi trek yang direncanakan untuk memberi jalan bagi MotoGP," tulis The Race.
Media Asing Nilai Peluang Mandalika Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021 Tipis (211991)
Lokasi proyek pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika, Lombok. Foto: Michael Agustinus/kumparan
Lebih lanjut, The Race menyatakan bahwa permasalahan itu membikin proyek Sirkuit Mandalika tersendat. Jadi, menurutnya, sulit mengharapkan MotoGP Indonesia terselenggara pada 2021.
"Itu berarti konstruksi di trek hampir tidak berjalan. Karena ada kurang dari satu tahun hingga slot potensial yang dapat diambil pada kalender 2021, peluangnya untuk menyelenggarakan balapan musim depan sangat kecil," jelasnya.
ADVERTISEMENT

Menpora optimistis kans MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika

Media Asing Nilai Peluang Mandalika Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021 Tipis (211992)
Menpora (kanan) tinjau pembangunan Sirkuit Mandalika, NTB, Selasa (24/11). Foto: Dok: Kemenpora
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, tak senada dengan The Race. Usai meninjau langsung pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (24/11), dia menyatakan optimismenya.
"Perencanaan yang dipersiapkan oleh ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) kemudian bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah tetap jalan ya. Saya optimistis sesuai dengan perencanaan kita bahwa pekerjaan ini akan selesai," kata Zainudin dalam keterangan resminya.
"Dorna (operator MotoGP) pasti akan memberikan penilaian terhadap upaya yang dilakukan ITDC dan pemerintah. Kami harapkan walaupun sekarang pandemi, soal jadwal itu sepenuhnya menjadi kewenangan Dorna untuk menentukan," lanjutnya.
"Sekaligus saya meyakinkan kepada masyarakat, saya dengar penjelasan Pak Gubernur dan ITDC, saya optimistis MotoGP Mandalika 2021 insyaallah akan terlaksana. Informasi dari ITDC, itu masih on progres," tutup Zainudin.
ADVERTISEMENT
----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.