Bola & Sports
·
25 November 2020 14:01

Mike Tyson vs Roy Jones Jr: Ini Ekshibisi, Bukan Kompetisi!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mike Tyson vs Roy Jones Jr: Ini Ekshibisi, Bukan Kompetisi! (613841)
Mike Tyson usai pertandingan melawan Holyfield pada 28 Juni 1997. Foto: John Gurzinsky/AFP
Mike Tyson akan berduel tinju melawan Roy Jones Jr pada 28 November 2020 waktu setempat. Apakah kalian menyangka The Baddest Man on the Planet bakal kembali berduel seperti ini?
ADVERTISEMENT
Tyson terakhir kali bertinju secara profesional pada 11 Juni 2005, ketika ia dikalahkan Kevin McBride. Kini, di usia 54 tahun, pemegang rekor profesional 50-6 itu akan kembali baku hantam di ring tinju.
Roy Jones Jr, yang tiga tahun lebih muda darinya, adalah lawannya kali ini. Rekor profesionalnya adalah 66-9, terakhir berduel secara resmi pada 8 Februari 2018 saat menaklukkan Scott Sigmon.
Lantas, apa yang dikejar dari duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr ini? Apakah ada gelar juara yang diperebutkan?

Mike Tyson vs Roy Jones Jr adalah ekshibisi

Mike Tyson vs Roy Jones Jr: Ini Ekshibisi, Bukan Kompetisi! (613842)
Roy Jones Jr saat melawan Richard Hall. Foto: Jeff Haynes/ AFP
Komisi Atletik Negara Bagian California, Direktur Eksekutif Andy Foster, untuk mengonfirmasi perincian seputar duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr. Dia bilang, ini adalah ekshibisi, bukan kompetisi.
ADVERTISEMENT
"Mari kita sebut sebagai ekshibisi. Begitulah adanya. Saya ingin publik tahu karena saya tidak ingin mereka kecewa," katanya kepada MMA Fighting.
"Tidak ada juri resmi. WBC akan menghadirkan beberapa juri selebriti sebagai tamu secara jarak jauh, tidak resmi, bukan [untuk penghitungan skor seperti] 10-9, tidak seperti itu. Tidak ada skor kumulatif. Tidak ada pemenang," sambungnya.
Pada intinya, duel ini hanya bersifat hiburan semata. Usai duel, Tyson dan Jones akan diberikan sabuk, tetapi tak ada pemenang yang diumumkan.
"Ini hal yang sangat berpusat pada hiburan. Ini tentang hiburan. Ini bukan tentang kompetisi," tegas Foster.
"Skor tidak resmi hanya untuk hiburan dan itu dilakukan oleh WBC dari jarak jauh. Bukan oleh komisi karena komisi tidak memasukkan juri-juri tersebut karena COVID-19. Ini untuk tujuan hiburan saja. Tidak ada pemenang resmi," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, yang pasti, ada keuntungan yang dikeruk dari duel ini. Harga pay-per-view duel Tyson vs Jones cukup lumayan, yakni sebesar 49,99 dolar AS (Rp 707.000).
----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.